MAKERFEST 2018: #LOKALBANGET

Seperti yang OU Pini lihat di tahun 2018 ini, Indonesia lagi gencar-gencarnya mendukung para UMKM kreatif untuk berani unjuk gigi di negara sendiri. Hal ini seakan mewujudkan slogan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga Kementrian Perdagangan Indonesia, ‘Cintai Produk Dalam Negeri’ yang kerap digembar-gemborkan beberapa tahun belakangan ini.

 

Banyaknya produk lokal yang OKE BANGET saat ini dan nggak kalah dari bikinan luar negeri, membuat tidak sedikit jiwa-jiwa pebisnis muda kreatif di setiap daerah ikut tergerak untuk unjuk gigi di dunia bisnis kreatif Indonesia.

 

Coba flashback acara kreatif serupa di tahun 2018 ini, ada Land of Leisures Market di Yogyakarta yang ikut berpartisipasi mendukung usaha kreatif lokal daerah di bulan Oktober lalu. Acara tahunan tersebut selalu sukses menggebrak anak muda Yogyakarta untuk ikut andil dalam setiap rangkaian acaranya. Tidak lupa juga dengan Brightspot Market yang hadir di Mall Pasific Place, Jakarta, di bulan yang sama. Rasanya nggak cukup itu saja, di awal Desember kemarin ada Pasar Inspirasi, yang lagi-lagi diadakan di Jakarta, tepatnya di Museum Bank Indonesia. Sama seperti acara-acara lainnya, kebanyakan dari para tenant bertemu lagi satu sama lainnya pada acara tersebut. Pernak Pernik dari ujung kepala hingga alas kaki, skin care, furniture, hingga berbagai macam makanan pun dapat di temukan pada setiap acara kreasi anak bangsa tersebut.

 

Beberapa hari yang lalu, ada acara ekonomi kreatif serupa, MAKERFEST 2018 yang diinisiasi oleh Tokopedia, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan deklarasi Gerakan Bangga Kreasi Lokal di Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

 

Adanya MAKERFEST 2018 kemarin tidak hanya sebagai wadah para pebisnis kreatif lokal saja, namun juga mengasah jiwa kreatif mereka untuk mendapatkan predikat yang terbaik diantara para pebisnis kreatif lainnya di event tersebut. Banyaknya tenant yang ada pada event tersebut adalah para tenant-tenant pilihan yang sudah melalui beberapa tahap pada roadshow acara Tokopedia ini di 8 kota, yakni Medan, Padang, Jakarta, Surabaya, Makasar, Yogyakarta, Bandung dan Denpasar. Mereka telah menyaring setidaknya 1.500 pendaftar menjadi 30 besar di setiap kota. Acara yang di gelar pada tanggal 15-16 Desember 2018 lalu ini diharapkan menjadi gerakan yang memacu banyaknya brand-brand baru yang lahir untuk masa depan Indonesia.

 

Dengan banyaknya event yang mendukung ekonomi kreatif Indonesia ini, diharapkan dapat mendorong UMKM Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

 

Pokoknya semua yang #LOKALBANGET itu KEREN! Memang sudah saatnya untuk

BANGGA dengan apa yang ada di sekitar kita, guys. Bener nggak?

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU pini

OU pini

OU PINI: SAMBUT PERAYAAN NYEPI DENGAN KREATIFITAS SENI LEWAT OGOH-OGOH

Ada perayaan tahun baru unik di Pulau Dewata setiap tahunnya, yaitu perayaan Nyepi. Berbeda dari perayaan tahun baru lainnya yang selalu disambut dengan keramaian, pada perayaan umat Hindu di Bali ini justru malah sebaliknya. Perayaan Nyepi selalu identik dengan kesunyian total, berdiam diri di rumah, tanpa ada listrik juga internet. Perayaan tersebut memang ditujukan bagi…
OU pini

JAKARTA SNEAKER DAY: THE RISE OF SNEAKER CULTURE

Bagi sebagian orang, kegilaan terhadap suatu barang merupakan hal yang umum terjadi. Umumnya, mengkoleksi suatu barang bisa jadi suatu kepuasan tersendiri, juga reward atas kerja keras yang sudah kamu lakukan. Namun, ada juga yang memang menjadikannya sebagai hobi sehingga rela mengeluarkan budget berapapun untuk mendapatkan barang koleksinya.   Belum lama ini, Ou Event hadir pada…
OU pini

OU PINI: OLAHAN BAKMIE SEBAGAI SIMBOL PANJANG UMUR

Masih dalam suasana perayaan Chinese New Year, tahun ini menjadi tahun Babi tanah pada kalender cina. Perayaan tahunan ini selalu penuh dengan doa-doa, kebahagiaan serta harapan untuk keberuntungan.   Hampir setiap tahunnya, ornamen-ornamen simbolik berwarna merah selalu menghiasi pusat perbelanjaan juga beberapa lokasi pecinan yang ada di setiap daerah. Walaupun tidak setiap tempat punya tradisi…
OU pini

CARA UNIK SHANGHAI CHINA ATASI KEMACETAN, BAGAIMANA INDONESIA?

Macet lagi macet lagi, seakan-akan sobat sambat (re: mengeluh dalam bahasa jawa) di seluruh belahan dunia ini setuju jika MACET menjadi alasan tertinggi untuk sambat sehari-hari. Bagaimana tidak, di negara kita saja misalnya, butuh waktu lebih lama untuk menempuh suatu lokasi yang sebenarnya tidak terlalu jauh, namun kendala macet di jalan tidak lagi dapat dihindari.  …