Kucumbu Tubuh Indahku: Tubuh Juno adalah Alam yang Terluka

Kucumbu Tubuh Indahku: A beautiful story wrapped by Javanese culture

 

Film garapan Garin Nugroho ini bercerita tentang Juno, seorang anak yang selalu berpindah-pindah. Juno akhirnya menemukan dirinya sendiri, yaitu tubuhnya. Melihat banyak kekerasan, duka, juga trauma, terlebih dari sang Ayah yang akhirnya harus menjauh dari keluarganya membuat Juno tidak kehilangan semangat hidup. Ia selalu beradaptasi dengan lingkungannya, walaupun ia harus besar dengan kesendirian.

 

 

Tubuh Juno adalah Alam yang Terluka? Bagaimana Bisa? 

Kisah Juno kecil yang sudah tertarik dengan hal-hal feminim, menari berlenggak-lenggok, namun terbelenggu oleh aturan sosial di sekitarnya yang membuat Juno malah semakin mencari-cari jati dirinya sendri. Tubuh Juno selalu ia umpamakan sebagai alam yang harus ia jaga dari perusak-perusak di luar sana.

 

Juno yang kebetulan tinggal dengan lingkungan penari Lengger, sebuah tari khas Jawa di mana penari laki-laki akan mengenakan riasan dan melenggok bak perempuan, semakin mantap untuk mendalami tarian tersebut. Juno kecil rela mengintip setiap kali kelompok penari tersebut sedang latihan.

 

Perjalanan juno sebagai penari Lengger sangat dibungkus rapi dengan beberapa fase pada setiap bagian cerita. Bagaimana Juno harus selau berpisah dengan orang-orang terdekatnya, juga bagaimana Juno dapat menerima dirinya sebagai apa yang ia rasakan.

 

Tidak sedikit nilai kehidupan serta budaya yang bisa diambil pada film emas ini. Kultur Jawa yang sangat kental dibungkus dengan poetic dan dramatis, yang membuat film ini bernyawa dan membangun rasa penasaran.

 

 

Film festival pasti membosankan.

Lewat film ini, Garin Nugroho berhasil mematahkan pikiran negatif banyak penonton tentang karya film festival. Film ini sangat rapi dan tidak bikin ngantuk walaupun banyak percakapan menggunakan bahasa jawa. Terlebih, isu-isu tentang gender yang sangat sensitif di telinga masyarakat pada film ini justru menjadi jawaban atas permasalahan dari kisah tokoh Juno itu sendiri.

Rasanya, setelah nonton film berdurasi hampir 2 jam ini, kita jadi bisa belajar bahwa tidak ada yang bisa membatasi apa yang tubuh kita inginkan, kecuali diri kita sendiri.

 

Di antara banyaknya jadwal film bagus dan bagus banget yang tayang pada bulan April ini, film Kucumbu Tubuh Indahku salah satu film yang tidak boleh kamu lewatkan.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU pini

OU pini

Konser di Jakarta Sampai Tiga Hari, Honne Ukir Sejarah

Musisi elektronik asal London, Inggris bernama Honne mengusung genre synthpop, R&B kontemporer dan dance-pop. Andy Clutterbuck dan James Hatcher membentuk Honne di tahun 2014 yang meroket berkat album berjudul Warm On A Cold Night di tahun 2016.    Menjelang akhir tahun 2019, bertempat di Livespace SCBD, Jakarta Selatan dilangsungkan konser duo Honne. Sebuah konser tur dunia…
OU pini

We Are Little Zombies, Film Wajib Tonton di JFF!

Ada beberapa film Jepang yang bergenre drama di JFF. Salah satunya adalah We Are Little Zombies yang kembali ditayangkan di 14th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) di Yogyakarta. Film ini menerima special mention di Berlin International Film Festival 2019 dan menjadi pemenang Special Jury Award for Originality di Sundance Film Festival 2019. Wow, makin penasaran ya? Simak sinopsisnya di sini yuk!…
OU pini

Bento Harassment, Film Keluarga di Japanese Film Festival 2019

Japanese Film Festival – Indonesia 2019 (JFF) akan segera dimulai nih! Pasti udah pada tahu kan kalau tanggal 7-10 November 2019 nanti JFF dimulai di Jakarta?   OU dapat kesempatan untuk ikut Press Screening di CGV Grand Indonesia hari Selasa, 5 November 2019. Film yang ditayangkan adalah Bento Harassment. Film keluarga ini sukses bikin para…
OU pini

Sinopsis 3 Film di Hari Pertama Japanese Film Festival 2019

Pasti kamu udah siap kan untuk nonton film-film seru di Japanese Film Festival – Indonesia 2019 (JFF)? Kalo masih bingung mau nonton film apa aja, yuk simak sinopsis yang udah OU siapin buat kalian sekaligus jadwal tayangnya di JFF!