Kucumbu Tubuh Indahku: Tubuh Juno adalah Alam yang Terluka

Kucumbu Tubuh Indahku: A beautiful story wrapped by Javanese culture

 

Film garapan Garin Nugroho ini bercerita tentang Juno, seorang anak yang selalu berpindah-pindah. Juno akhirnya menemukan dirinya sendiri, yaitu tubuhnya. Melihat banyak kekerasan, duka, juga trauma, terlebih dari sang Ayah yang akhirnya harus menjauh dari keluarganya membuat Juno tidak kehilangan semangat hidup. Ia selalu beradaptasi dengan lingkungannya, walaupun ia harus besar dengan kesendirian.

 

 

Tubuh Juno adalah Alam yang Terluka? Bagaimana Bisa? 

Kisah Juno kecil yang sudah tertarik dengan hal-hal feminim, menari berlenggak-lenggok, namun terbelenggu oleh aturan sosial di sekitarnya yang membuat Juno malah semakin mencari-cari jati dirinya sendri. Tubuh Juno selalu ia umpamakan sebagai alam yang harus ia jaga dari perusak-perusak di luar sana.

 

Juno yang kebetulan tinggal dengan lingkungan penari Lengger, sebuah tari khas Jawa di mana penari laki-laki akan mengenakan riasan dan melenggok bak perempuan, semakin mantap untuk mendalami tarian tersebut. Juno kecil rela mengintip setiap kali kelompok penari tersebut sedang latihan.

 

Perjalanan juno sebagai penari Lengger sangat dibungkus rapi dengan beberapa fase pada setiap bagian cerita. Bagaimana Juno harus selau berpisah dengan orang-orang terdekatnya, juga bagaimana Juno dapat menerima dirinya sebagai apa yang ia rasakan.

 

Tidak sedikit nilai kehidupan serta budaya yang bisa diambil pada film emas ini. Kultur Jawa yang sangat kental dibungkus dengan poetic dan dramatis, yang membuat film ini bernyawa dan membangun rasa penasaran.

 

 

Film festival pasti membosankan.

Lewat film ini, Garin Nugroho berhasil mematahkan pikiran negatif banyak penonton tentang karya film festival. Film ini sangat rapi dan tidak bikin ngantuk walaupun banyak percakapan menggunakan bahasa jawa. Terlebih, isu-isu tentang gender yang sangat sensitif di telinga masyarakat pada film ini justru menjadi jawaban atas permasalahan dari kisah tokoh Juno itu sendiri.

Rasanya, setelah nonton film berdurasi hampir 2 jam ini, kita jadi bisa belajar bahwa tidak ada yang bisa membatasi apa yang tubuh kita inginkan, kecuali diri kita sendiri.

 

Di antara banyaknya jadwal film bagus dan bagus banget yang tayang pada bulan April ini, film Kucumbu Tubuh Indahku salah satu film yang tidak boleh kamu lewatkan.

 

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU pini

OU pini

Kucumbu Tubuh Indahku: Tubuh Juno adalah Alam yang Terluka

Kucumbu Tubuh Indahku: A beautiful story wrapped by Javanese culture   Film garapan Garin Nugroho ini bercerita tentang Juno, seorang anak yang selalu berpindah-pindah. Juno akhirnya menemukan dirinya sendiri, yaitu tubuhnya. Melihat banyak kekerasan, duka, juga trauma, terlebih dari sang Ayah yang akhirnya harus menjauh dari keluarganya membuat Juno tidak kehilangan semangat hidup. Ia selalu…
OU pini

Sambut Perayaan Nyepi dengan Kreativitas Seni Ogoh-Ogoh

Ada perayaan tahun baru unik di Pulau Dewata setiap tahunnya, yaitu perayaan Nyepi. Berbeda dari perayaan tahun baru lainnya yang selalu disambut dengan keramaian, pada perayaan umat Hindu di Bali ini justru malah sebaliknya. Perayaan Nyepi selalu identik dengan kesunyian total, berdiam diri di rumah, tanpa ada listrik juga internet. Perayaan tersebut memang ditujukan bagi…
OU pini

Jakarta Sneaker Day: The Rise of Sneaker Culture

Sneakers: Benarkah Hanya Sekadar Hobi?   Bagi sebagian orang, kegilaan terhadap suatu barang merupakan hal yang umum terjadi. Umumnya, mengoleksi suatu barang bisa jadi suatu kepuasan tersendiri, juga reward atas kerja keras yang sudah kamu lakukan. Namun, ada juga yang memang menjadikannya sebagai hobi sehingga rela mengeluarkan budget berapapun untuk mendapatkan barang koleksinya.   Belum…
OU pini

Olahan Bakmi sebagai Simbol Panjang Umur

Makna Mie dalam Tradisi Tionghoa   Masih dalam suasana perayaan Chinese New Year, tahun ini menjadi tahun Babi Tanah pada kalender Tiongkok. Perayaan tahunan ini selalu penuh dengan doa-doa, kebahagiaan serta harapan untuk keberuntungan.   Hampir setiap tahunnya, ornamen-ornamen simbolik berwarna merah selalu menghiasi pusat perbelanjaan juga beberapa lokasi pecinan di setiap daerah. Walaupun tidak…