Ibu Kota Pindah! Kira-kira Kenapa Ya?

Dari presiden pertama hingga ketujuh, sudah 74 tahun lamanya wacana pemindahan ibu kota kian terbit tenggelam. Tahun ini wacana pemindahan ibu kota baru resmi dikumandangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui konferensi pers di Istana Negara pada 26 Agustus 2019. Ibu kota baru tersebut akan berlokasi di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Kenapa ya ibu kota Indonesia akhirnya diputuskan untuk dipindah?

 

 

Salah Satu Kota Terpadat

 

Pulau Jawa sebagai titik tumpu ibu kota Indonesia, yakni Daerah Khusus Ibukota Jakarta menempati jajaran ke-9 sebagai kota terpadat di dunia. Peningkatan penduduk diprakarsai oleh urbanisasi ke Jakarta yang tak terbendung. Kepadatan berpusat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

 

Kepadatan penduduk mengiringi peningkatan jumlah penggunaan kendaraan pribadi. Peningkatan kendaraan pribadi berisiko meningkatkan kemacetan. Hasil survey di 56 negara, dari 403 kota indeks kemacetan di Jakarta berada di peringkat ketujuh. Kemacetan berimbas pada sektor ekonomi sebab commuting time menjadi lebih lambat. Kerugian di sektor ekonomi pada tahun 2013 sebesar Rp 56 triliun dan saat ini malah meningkat menjadi Rp 65 triliun per tahun. Sungguh kerugian yang amat besar dan harus ditanggulangi secara efektif dan efisien sesegera mungkin.

 

Kualitas Udara yang Buruk

 

Penggunaan kendaraan pribadi yang begitu besar jumlahnya ikut memperburuk kondisi udara. Berdasarkan Air Quality Index, DKI Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Udara sebagai kebutuhan primer makhluk hidup kini berada pada taraf berbahaya. Udara menghasilkan oksigen yang dimanfaatkan oleh manusia untuk bernafas akan sangat berbahaya bagi jantung jika kondisi udara tersebut tercemar bahkan mengganggu proses fotosintesis pada tumbuhan.

 

Kualitas udara yang sudah tercemar semakin bertambah parah dengan krisis ketersediaan air yang terjadi di Pulau Jawa khususnya di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur. Krisis ketersediaan air bersih dikarenakan jumlah penduduk yang berpusat di Pulau Jawa sekitar 57% dari total penduduk di Indonesia. Krisis ketersediaan air semakin diperparah oleh pencemaran air sungai akibat sampah, limbah rumah tangga dan limbah industri.

 

Ancaman Bencana Alam

 

Setelah sejumlah permasalahan yang telah diuraikan pada paragraf-paragraf sebelumnya ternyata masih ada sejumlah ancaman yang menghantui Pulau Jawa, khususnya DKI Jakarta. Ancaman tersebut timbul dari aktivitas gunung berapi yang terletak di sekitar Pulau Jawa. Selain itu, ancaman lainnya berasal dari potensi gempa dan tsunami di selatan Jawa Barat dan Selat Sunda, serta gempa darat Sesar Baribis, Sesar Lembang dan Sesar Cimandiri.

 

Sementara itu, di Kalimantan risiko bencana alamnya memang lebih minim dibandingkan Pulau Jawa. Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Pulau Kalimantan memiliki jarak yang lebih jauh dari zona megathrust.

 

Kalau kalian sendiri setuju nggak sih dengan keputusan pemindahan ibu kota ini?

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU pini

OU pini

NKCTHI: Pesan Awan lewat Film Terbaru Angga Dwimas Sasongko

Ada kado tahun baru dari film keluarga Indonesia berupa sebuah pesawat kertas yang berisi pesan bagi masa depan. Ya, film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau disingkat NKCTHI merupakan sebuah film tentang surat yang Awan tulis khusus untuk anaknya di masa depan. Nggak hanya tentang pemikiran-pemikirannya, namun juga uneg-uneg tentang dunia kehidupan yang nano-nano…
OU pini

Konser di Jakarta Sampai Tiga Hari, Honne Ukir Sejarah

Musisi elektronik asal London, Inggris bernama Honne mengusung genre synthpop, R&B kontemporer dan dance-pop. Andy Clutterbuck dan James Hatcher membentuk Honne di tahun 2014 yang meroket berkat album berjudul Warm On A Cold Night di tahun 2016.    Menjelang akhir tahun 2019, bertempat di Livespace SCBD, Jakarta Selatan dilangsungkan konser duo Honne. Sebuah konser tur dunia…
OU pini

We Are Little Zombies, Film Wajib Tonton di JFF!

Ada beberapa film Jepang yang bergenre drama di JFF. Salah satunya adalah We Are Little Zombies yang kembali ditayangkan di 14th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) di Yogyakarta. Film ini menerima special mention di Berlin International Film Festival 2019 dan menjadi pemenang Special Jury Award for Originality di Sundance Film Festival 2019. Wow, makin penasaran ya? Simak sinopsisnya di sini yuk!…
OU pini

Bento Harassment, Film Keluarga di Japanese Film Festival 2019

Japanese Film Festival – Indonesia 2019 (JFF) akan segera dimulai nih! Pasti udah pada tahu kan kalau tanggal 7-10 November 2019 nanti JFF dimulai di Jakarta?   OU dapat kesempatan untuk ikut Press Screening di CGV Grand Indonesia hari Selasa, 5 November 2019. Film yang ditayangkan adalah Bento Harassment. Film keluarga ini sukses bikin para…