Olahan Bakmi sebagai Simbol Panjang Umur

Makna Mie dalam Tradisi Tionghoa

 

Masih dalam suasana perayaan Chinese New Year, tahun ini menjadi tahun Babi Tanah pada kalender Tiongkok. Perayaan tahunan ini selalu penuh dengan doa-doa, kebahagiaan serta harapan untuk keberuntungan.

 

Hampir setiap tahunnya, ornamen-ornamen simbolik berwarna merah selalu menghiasi pusat perbelanjaan juga beberapa lokasi pecinan di setiap daerah. Walaupun tidak setiap tempat punya tradisi yang sama, keberagaman tradisi yang ada justru memperkaya keberagaman masyarakat Indonesia. Nggak cuma ornamen simbolik saja, perayaan ini juga terkenal dengan berbagai macam makanan khas yang selalu ada di setiap tahun baru masyarakat Tionghoa tersebut, seperti olahan mie.

Bagi masyarakat Tionghoa, mie mempunyai arti sebagai simbol panjang umur. Itulah sebabnya olahan mie banyak ditemukan di setiap perayaan tahun baru ini. Bahkan,  mie ini ternyata punya sejarah panjang hingga akhirnya bisa masuk ke Indonesia. Menurut yang Ou Pini dapatkan dari CNN Indonesia, asal usul mie sudah ada dari jaman Dinasti Han Timur 25-220 SM.

 

Asal kalian tahu, orang-orang Tiongkok pada jaman itu membuat mie dari bahan baku biji padi dan jagung, lho! Namun, semakin berkembangnya jaman, kini orang-orang keturunan cina membuatnya dengan bahan baku tepung terigu saja. Proses pembuatan mie dengan cara tradisional dan cukup memakan waktu inilah yang akhirnya dapat memanjakan setiap lidah para penggemarnya. Tekstur kenyal dan lembutnya mie masakan cina selalu membuat ketagihan siapa saja yang memakannya.

Sekarang ini, sudah banyak variasi mie yang kerap kita temukan, sepeti mie yamin yang manis karena menggunakan kecap, atau mie yang disantap langsung menggunakan kuahnya.

 

Bicara mengenai mie, kebetulan baru-baru ini Ou Pini mampir ke sebuah kedai mie di daerah Darmawangsa, Jakarta Selatan. Namanya DEMIE Bakmie. Buat kamu yang suka dengan masakan cina, atau segala olahan mie, kedai ini cocok jadi list makan siang kamu minggu ini. Tempatnya cukup unik. Dengan konsep mini bar yang hanya cukup untuk 10 orang makan di tempat, kedai bakmie ini memberikan nuansa berbeda dalam menikmati mie karet dan mie keriting. Kamu bisa makan sambil melihat sendiri proses koki memasak bakmie pesanan pelanggan lainnya, lho!

 

Berbeda dengan kebanyakan bakmie masakan cina lainnya, bakmie ini halal untuk di konsumsi bagi orang muslim karena mereka mengganti olahan daging dan minyak babi dengan olahan daging ayam. Dengan begitu, semua orang bisa menikmati cita rasa bakmie yang khas ala kedai ini.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba DEMIE bakmie, kamu juga wajib mencoba liang tea atau susu kedelai khas kedai tersebut sebagai pelengkap sajian mie kamu. Selain itu, kamu juga bisa meminta ekstra es untuk menutupi rasa manis yang kuat pada minuman tersebut jika kamu bukan pecinta minuman manis.

 

Selamat mencoba dan Xin Nian Kuai Le!

5 comments

  1. Pingback: Coronavirus News
  2. Pingback: Press Release
  3. Pingback: wong4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU pini

OU pini

COVID-19: What The Big Companies Do To Help

Sudah beberapa minggu sejak krisis kesehatan COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Sejak itu, hampir semua kantor dan perusahaan di seluruh dunia menerapkan sistem work from home. Gimana dengan kamu? Udah hari keberapa kerja di rumah dan dihujani pekerjaan yang nggak kenal waktu dan conference call yang nggak abis-abis? Percaya deh, OU…
OU pini

Kodein Si Dia Lebih Seru Pakai Resso!

Berbagi konten yang artistik sekarang ini gampang banget. Sudah banyak aplikasi-aplikasi pendukung yang bikin konten kamu makin oke punya. Mau editing foto hingga video sekarang bisa dikerjakan oleh siapapun, termasuk kamu sendiri.   
OU pini

NKCTHI: Pesan Awan lewat Film Terbaru Angga Dwimas Sasongko

Ada kado tahun baru dari film keluarga Indonesia berupa sebuah pesawat kertas yang berisi pesan bagi masa depan. Ya, film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau disingkat NKCTHI merupakan sebuah film tentang surat yang Awan tulis khusus untuk anaknya di masa depan. Nggak hanya tentang pemikiran-pemikirannya, namun juga uneg-uneg tentang dunia kehidupan yang nano-nano…
OU pini

Konser di Jakarta Sampai Tiga Hari, Honne Ukir Sejarah

Musisi elektronik asal London, Inggris bernama Honne mengusung genre synthpop, R&B kontemporer dan dance-pop. Andy Clutterbuck dan James Hatcher membentuk Honne di tahun 2014 yang meroket berkat album berjudul Warm On A Cold Night di tahun 2016.    Menjelang akhir tahun 2019, bertempat di Livespace SCBD, Jakarta Selatan dilangsungkan konser duo Honne. Sebuah konser tur dunia…