ADA ‘’SI CANTIK’’ DI BALIK SAMPUL TTS JADUL

OUPINI kali ini mengajak kalian untuk flashback dalam salah satu kegiatan membunuh waktu di era 90-an, yaitu mengisi TTS atau lengkapnya, Teka-Teki Silang. Sadar atau tidak, banyak sekali kegiatan yang dihabiskan bersama untuk mengisi TTS tersebut, seperti menghabiskan sore bersama kakek atau ayah di teras depan sambil membantu mengisi TTS ditemani secangkir teh hangat juga gorengan, atau berdebat dengan sahabat mengenai bahasa asing dari bekerja atau kata lain dari bahagia karena malas melihat kamus bahasa inggris yang sangat tebal dan gadget canggih belum banyak bertebaran seperti sekarang ini.

 

Sangat familiar bukan? OUPINI yakin nih generasi 90-an pasti nggak asing dengan TTS jadul tersebut. Dulu, buku ini sangat mudah ditemukan di setiap toko buku atau agen koran. Buku ini juga selalu ada di tangan para supir antar kota yang sedang istirahat atau juga para tukang becak yang sedang menunggu penumpang. Ada di mana-manalah.

 

Lalu, kenapa ya sampul-sampul jaman dulu selalu dilengkapi foto close up artis atau model perempuan seksi? Kalo kata meme yang bertebaran di dunia maya sih karena ‘’perempuan penuh dengan teka-teki’’, ada juga yang bilang kalo sampul-sampul tersebut bentuk realisasi nyata dari ‘’don’t judge the book by its cover’’ karena wujud sampul tidak selamanya sama dengan isinya.

Kalo dipikir-pikir, TTS ini ada benernya juga sih yaa, bagaimana tidak? Gambar sampul-sampul yang sangat menarik tersebut ternyata setelah dibuka penuh dengan kotak-kotak yang haus akan kata. Rasanya seperti terjebak sampul saja. Namun, siapa sangka, kegiatan mengisi TTS ini sangat digemari banyak orang jaman dulu. Buku TTS jadul ini secara tidak langsung mengasah otak kita untuk berpikir lebih bahkan memberikan banyak pengetahuan yang kita tidak tahu sebelumnya.

 

Sekedar informasi, tenyata bukan hanya TTS saja yang menggunakan sampul model begini. Di era 80 hingga 90-an, sampul film, kaset, iklan, buku, serta majalah juga menggunakan metode yang sama. Bahkan, kalender-kalender yang menghiasi banyak warung soto di berbagai daerah juga menggunakan metode sampul tersebut.

Seperti yang OUPINI kutip dari Vice.id, di balik sampul jadul dengan desain monoton tersebut, sepertinya ada maksud tersendiri yaitu untuk mendekatkan fans dengan si artis agar timbul keintiman yang lebih personal. Nggak heran kalo orang jaman dulu sering sekali mengoleksi sampul-sampul tersebut sebagai hiasan dinding. Metode desain sampul jadul seperti itu secara nggak langsung juga digunakan untuk mempromosikan si artis dalam konsep yang sederhana, melihat jaman dulu media hiburan serta promosi belum semaju sekarang ini.

 

31 comments

  1. Pingback: Web Design Dubai
  2. Pingback: fusion silicon x7
  3. Pingback: Sexual harassment
  4. Pingback: Bos21
  5. Pingback: Millionaire
  6. Pingback: Dentist in Durban
  7. Pingback: Trang An
  8. Pingback: Totojitu
  9. Pingback: pirate show lego
  10. Pingback: previous
  11. Pingback: concrete polishing
  12. Pingback: published here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU pini

OU pini

ENNICHISAI: Festival Jepang Tahunan di Blok M

Sudah tiga minggu berlalu sejak diadakan Ennichisai pada Sabtu-Minggu, 22-23 Juni 2019 namun euforianya masih saja terasa. Bagi penggemar budaya Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan festival seni dan kuliner Jepang di Blok M ini. Festival ini berhasil menyulap sepanjang jalan Melawai di sekitar Blok M Square jadi serasa di Jepang! Baca liputan OU…
OU pini

PARASITE : Makes You Feel Like Riding A Roller Coaster

Karya Bong Joon Ho paling mind blowing ini berhasil memenangkan penghargaan di Festival De Cannes dan Sydney Film Festival. Karyanya yang gila banget membuat Bong Joon Ho menjadi orang pertama asal Korea yang berhasil meraih Palme d’Or.   Film Parasite menceritakan sebuah keluarga miskin, sepasang suami istri (Ki Taek dan Chongsok) dan anaknya (Ki Woo dan Ki…
OU pini

STRANGER THINGS 3: The Mind Flayer is back?

Trailer resmi dari series kesayangan para pengikutnya ini sudah resmi ditayangkan minggu lalu. Part demi part scene yang mengundang banyak teka-teki pun sontak memenuhi kolom komentar media sosial Netflix yang penuh antusias para penonton setia series tersebut karena sudah tidak sabar lagi untuk menunggu.   Sejak series ini dirilis, Stranger Things mampu membawa kita semua…
OU pini

Taylor Swift’s Dramatic Transformation

Baby doll, when it comes to a lover I promise that you’ll never find another like Me-e-e, ooh-ooh-ooh-ooh I’m the only one of me Baby, that’s the fun of me   Siapa nih yang terngiang-ngiang lagu “ME!” yang dinyanyikan Taylor Swift bersama Brendon Urie, salah satu personil band Panic! At The Disco? Tenang, kamu nggak…