Ketika CGI Mulai Masuk Ke Industri Fashion

Makin ke sini sudah pasti teknologi makin maju. Mau pesan makanan, kendaraan, beberes rumah, sampai bikin PR aja sekarang kita nggak perlu repot-repot. Berbagai perusahaan teknologi sudah berlomba-lomba menyediakan berbagai aplikasi yang dapat membantu kehidupan kita sehari-hari.

 

Segalanya yang digital ini tak pelak membuat teknologi-teknologi analog mulai tersingkirkan. Apalagi dengan adanya teknologi seperti AI, beberapa pekerjaan manusia mulai tergantikan dengan mesin.

Mulai banyak pabrik-pabrik yang mengganti buruh-buruh mereka dengan mesin yang dapat bekerja dengan jam kerja lebih lama plus  efisiensi yang lebih tinggi. Nggak cuma kalangan buruh yang khawatir dengan teknologi yang makin maju, kini Teknik CGI yang makin maju juga bikin teman-teman kita yang berprofesi sebagai model khawatir.

 

Baru-baru ini rumah mode Balmain asal Perancis memamerkan koleksi Pre-Fall 2018 mereka dengan Supermodel Digital.

 

Fotografer Cameron-James Wilson asal Inggris ditunjuk untuk menciptakan Balmain Army virtual. Wilson yang sempat terkenal dengan supermodel CGI paling pertama di dunia, bernama Shudu, menciptakan dua supermodel CGI lainnya, yaitu Margot dan Xhi. Bareng Shudu, mereka bertiga jadi wajah baru Balmain.

Dalam siaran pers-nya rumah mode ini mengatakan kalau perayaan inklusivitas adalah tujuan mereka.

 

Langkah yang diambil oleh Balmain ini justru sempat mendapat pertentangan dari kalangan model lainnya. Karenadinilai nggak mendukung model-model dari kalangan non-kulit putih untuk ikutan sukses di Industri. Padahal kalau ngomongin inklusivitas, banyak banget model-model non-kulit putih yang tengah meniti karir.

 

Kalau menurut kamu sendiri gimana, setuju nggak kalau model CGI dijadikan representasi dalam industri fashion? Menarik ya, teknologi bisa punya intervensi sejauh ini?

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Look

OU Look

TAGS Indonesia: Dari Farmasi lalu Bertransformasi

“Ini bukan tentang ide. Ini tentang membuat ide menjadi kenyataan.”   Sebuah kutipan sederhana namun penuh makna yang mudah diingat tapi kadang sulit untuk menerapkannya. Kutipan ini jika diterapkan niscaya akan membawamu menggapai keberhasilan. TAGS (Tempo Scan Apparel & Goods Store) Indonesia adalah contoh yang akan memberikanmu gambaran betapa besarnya kekuatan sebuah ide. Siapa sih yang…
OU Look

Swallow Footwear: Semakin Nyaman dan Stylish!

OU Look kali ini akan membahas tentang sandal yang udah familiar banget buat kita semua. Siapa sih yang nggak tahu sandal jepit Swallow? Bukan cuma karena kita sering menemukannya di pintu masuk masjid atau mushola, sandal jepit ini udah go international lho! Artis-artis Korea aja pake sandal karya anak bangsa ini. Sandal jepit klasiknya memang sempet viral dua tahun lalu…
OU Look

Laut Kita: An Exhibition by Sejauh Mata Memandang

Setelah sebelumnya OU membahas pameran Sejauh Mata Memandang (SMM) tentang Timun Mas, kali ini OU berkunjung ke pameran SMM lainnya. Kali ini SMM mengadakan pameran dan instalasi seni inspiratif bertajuk Laut Kita. Pameran ini ingin menunjukkan bahayanya pencemaran lingkungan di Bumi, terutama di laut.  
OU Look

INA WATCH: Style Your Pretty Wrist with A Touch of Indonesia

What’s INA WATCH? Berawal dari kegiatan untuk mengisi waktu luangnya saat mengerjakan skripsi, INA WATCH, jam tangan handmade ini akhirnya lahir. Berkat kakaknya, Lisa akhirnya terinspirasi oleh sang kakak yang juga menggeluti di bidang yang sama. Setelah mantap sharing ilmu dengan sang kakak, Lisa akhirnya memutuskan untuk membuat jam kayu untuk perempuan. Ia mengkombinasikan dengan strap yang…