Eksistensi Toko Musik ‘KEEP-KEEP’

Toko musik masih menjadi rumah bagi para penikmatnya. Di antara banyaknya platform musik digital yang tumbuh subur sekarang ini, ternyata masih banyak toko musik yang dapat kita jumpai di beberapa kota, seperti ‘’Keep-keep’’ di Bandung dan ‘’Podomoro’’ di Yogyakarta . Toko-toko tersebut tidak banyak berubah, masih sebagai gudang inspirasi bagi para pelanggannya. Tidak lupa juga sebagai ajang temu kangen para kolektor maupun sesama penggiat musik. Bahkan ada beberapa toko yang masih merilis beberapa kaset juga piringan hitam hingga sekarang ini. Melihat trend piringan hitam yang sedang naik beberapa waktu belakangan ini, mendorong OU COOL untuk cari tahu sana-sini terkait trend tersebut.

 

Banyaknya Koleksi Piringan Hitam di Keep-Keep

Kesempatan OU Cool untuk mengunjungi salah satu toko musik di Bandung itu pun akhirnya terlaksana. Kebetulan sekali, OU Cool  melihat update-an vokalis band FSTVLST (Sebuah kelompok musik beraliran rock yang berasal dari Yogyakarta), Farid Stevy, yang baru saja berkunjung dari toko musik tersebut. Akhirnya membawa OU Cool untuk ikut melihat koleksi vinyl-vinyl dari toko musik Keep-Keep ini.

 

 

Toko musik ini berlokasi di Ciumbuleuit, Bandung, satu lokasi dengan sebuah kafe bernama Ki Putih Satu. Toko musik ini tidak terlalu besar, terletak di pintu masuk kafe tersebut. Terdapat satu ruang berisi penuh dengan koleksi vinyl dari semua genre musik. Suasana toko musik yang tertata unik didukung dengan kafe yang tenang nan asri menambah nilai plus tersendiri. Sayang sekali, waktu itu sedang tidak ada acara musik ataupun semacamnya di sana.

 

Koleksi piringan hitam di toko ini tidak sebanyak yang di bayangkan, namun Keep-Keep selalu menjadi salah satu tujuan bagi kolektor, maupun musisi yang ingin membeli dan menyimpan rilisan fisik berupa piringan hitam dari mereka. Nggak heran kalo toko musik ini selalu menjadi tempat berbagai macam acara musik juga Record Store Day di Bandung.

Bagaimana sejarah piringan hitam atau vinyl ini di Indonesia?

Bicara mengenai piringan hitam, ternyata vinyl ini sudah dikenal cukup lama di Indonesia. Salah satu toko musik pertama di Jakarta (waktu itu) adalah toko musik yang terletak di bilangan Wijaya (Jakarta Selatan). Mereka pertama kali menjual vinyl dari beberapa genre musik dengan harga yang miring dari toko-toko lainnya.

 

Toko musik independen itu akhirnya menjadi penyedia piringan hitam bagi banyak tempat. Bahkan, sang pemilik sampai harus meminta ijin kepada toko musik lainnya karena menjual piringan hitam dengan harga yang lebih murah, juga koleksi musik mereka yang lebih terkurasi.

 

View this post on Instagram

Cuban Gold Tuesday #patatototico

A post shared by KeepKeepmusiK @kiputih_satu (@keepkeepmusik) on

 

View this post on Instagram

Tusen takk @prinsthomas ❤️

A post shared by KeepKeepmusiK @kiputih_satu (@keepkeepmusik) on

 

Kejayaan piringan hitam kini mulai menampakan dirinya kembali. Walaupun banyak yang menjadikannya sebagai barang pajangan antik karena mengikuti trend, namun tidak sedikit juga yang masih menggunakannya untuk mendengarkan musik dengan kulaitas terbaik, bahkan masih ada DJ (Disc jockey) yang menggunakan piringan hitam ini untuk berkarya dan beraksi di atas meja.

 

Jika kamu sedang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya untuk mampir ke toko musik ini. Kamu bisa melihat-lihat koleksi yang ada sekaligus bercengkrama dengan beberapa kolektor yang sedang nongkrong di sana.

 

 

 

 

 

https://www.instagram.com/keepkeepmusik/

2 comments

  1. Главный сервис Я. такси Самара позволяет людям вызвать машину когда и куда угодно. Сделать заказ авто вы можете несколькими способами: по телефону через оператора, на сайте Яндекс такси, мобильное приложени.. Вам надо указать время когда требуется автомобиль, собственный номер сотового телефона, адрес.

    Заказывают Я. такси с детским авто креслом для перевозки детей, в вечернее время после встреч надежнее воспользоваться такси, чем сесть в машину нетрезвым, в аэропорт или на вокзал спокойнее пользоваться Я. такси и даже не искать где оставить свою машину. Оплата производится наличным или безналичным платежом. Время приезда Yandex такси составляет от пяти до пяти мин в среднем.

    Плюсы работы в нашем Я такси: Моментальная регистрация в приложение, Не очень большая комиссия, Оплата мгновенная, Постоянный поток заявок, Диспетчер постоянно на связи.

    Для выполнения работ в такси владельцу автомобиля надлежит зарегистрироваться лично и транспорт, это в целом займет не больше пяти минут. Наша комиссия составит не больше 15 %. Можно получать зарплату когда вам удобно. У вас всегда будут заказы. Если будутвопросы можно связаться с постоянно работающей службой сопровождения. Яндекс такси помогает людям очень быстро доехать до места назначения. Заказывая данное Яндекс такси вы получите лучший сервис в г. Самара.

    работа в такси на арендованной машине = яндекс такси самара устроится на работу

  2. This Cleaning famous company is giving close attention skillall our own employees and tracks the timely increase of their qualification. To all our to specialists by virtue of pretty labor-intensive works, all will ensure the cleanliness of the most inaccessible sites.
    You can choose the most suitable for your enterprise work schedule – day-night-evening.

    Maid is personal housekeeper, she comes at suitable for client time and does the list on the eve sounded of tasks. This fashionable service, which can allow to maintain office, apartment, house, or other housing in order, absolutely not spending all free from work times of Day on the decision all household problems. AT case ifyou require temporary housekeeper Long Island City, we provide maid for your business.

    Us can order service maid Seaside 2 times in one week . Housekeeper will come to your apartment / house / office in advance approved time , and produce preset list of goals. Customer need only give an assessment high quality implementedwork and admire clean and cozy home .

    One day house cleaning service Manhattan – Maid service NYC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Mirfak Prabowo: Rocking Art in Various Mediums

Selain bassist pada band rock Sigmun, Mirfak Prabowo, pria kelahiran Jakarta 6 April 1989 ini dikenal juga sebagai visual artist. Seniman yang satu ini sangat aktif berkarya dalam berbagai medium. Mirfak sempat melakukan pameran lukisan tunggalnya yang bertajuk “SANCTUM” di tahun 2013. Kegemarannya dalam bidang seni ini sudah ia rasakan sejak masih kecil. Kegemarannya dalam menggambar di usia muda membuatnya…
OU Cool

Meet WITCHKANA A.K.A Wickana Laksmi Dewi!

A Girl and Her Wild Mysterious Mind   Wickana adalah seniman visual yang suka membuat gambar surreal dan metaforik. Kegemarannya menggambar sudah melekat pada dirinya sejak ia kecil. Crayon dan buku gambar sudah bagaikan teman akrab baginya. Semua inspirasi menggambarnya bermula dari Anime Jepang dan komik pada tahun 90an.  
OU Cool

Nicholas F. Chandrawienata: Dare To Be A Tattoo Artist? Why Not?

Cerita Nicholas Seputar Dunia Tattoo   Menjadi seorang illustrator mandiri yang penuh dengan inspirasi tidak membuat Nicholas F. Chandrawienata nyaman di situ saja. Coloring book for adult, juga berbagai karya lainnya seperti sampul buku series Harry Potter terus mendorong Nicholas untuk membuat sesuatu yang baru.   Setelah lama berkarya pada kanvas, digital, dan kertas, Nicholas akhirnya menambah medan baru…
OU Cool

You Haven’t Truly Loved The Environment Until You Know Boenkus

Boenkus can wrap your food, fruit and veggies, and it surely will warm up your heart.   Ngaku cinta lingkungan tapi masih sering pakai plastik kiloan atau plastik pembungkus dengan zipper buat bungkus makanan? Mungkin kamu akan langsung excuse dengan bilang “Tapi ini kan cuma plastik kecil…” namun nggak jarang plastik kecil itu hanya terpakai satu kali…