TERBENTUR, TERBENTUR, TERBENTUK ALA KBBI OAO

Pernah dengar belum kelompok belajar ngiklan? Ha? Ngiklan emang ada tempat belajarnya? Ada dong! Bukan sekolah lho yaaa, bukan. Kebetulan kemarin Ou Cool sempat main ke kelompok belajar bikin iklan ini di Jogja ini. Namanya OAO atau Otak Atik Otak.

 

Usut punya usut, kelompok ini ternyata sudah 6 tahun berdiri, guys, dan mayoritas anggotanya memang mahasiswa. Walaupun bersifat umum dan ada pula yang non mahasiswa, namun kalian akan bertemu banyak mahaiswa dari beragam kampus di Jogja pada kelompok tersebut.

 

 

Kelompok belajar ngiklan ini punya markas besar di daerah Sewon, Bantul yaitu rumah dari salah satu mentor OAO sendiri. Tidak ada kreteria khusus untuk dapat bergabung dengan KBBI OAO, cukup niat, waktu, dan mau usaha saja. Tidak heran jika seleksi alam sangat terasa pada kelompok belajar ini, dan anak-anak yang bertahan hingga akhirlah prajurit OAO sesungguhya. Mereka belajar semua hal dari iklan cetak, tvc, hingga radio. Dimulai dari proses pembuatan ide hingga produksi di ajarkan langsung pada kelompok belajar ini.

 

 

KBBI OAO ini sebenarnya adalah kelompok belajar non profit lho! Iya, jadi OAO ini memang dibuat oleh Dedi Rokkinvisual dan Erwan Sudiwijaya sebagai sarana belajar iklan untuk memperbaiki kualitas pendidikan kreatif khususnya komunikasi pemasaran di Yogyakarta pada tahun 2005. 7 tahun kemudian akhirnya OAO lahir dengan beranggotakan dari mahasiswa komunikasi UMY saja.

 

 

Namun, berkat kegigihan mereka dalam belajar mencari ide, akhirnya mereka dapat meraih berbagai penghargaan di ajang kompetisi kreatif tingkat mahasiswa maupun tingkat nasional seperti Pinasthika dan Citra Pariwara hingga akhirnya mulai banyak orang yang dating untuk ikut belajar bersama OAO tanpa harus membayar.

 

 

Melhat antusias banyaknya orang untuk bergabung dengan OAO setiap tahunnya, saat ini OAO sedang membangun mimpi untuk mempunyai alat produksi sendiri demi menuju OAO yang lebih berkualitas di masa depan, yaitu dengan mengajak kolaborasi masyarakat mewujudkan mimpi OAO. Mereka membuat seperangkat boxset berisi merchandaise sebagai bentuk kolaborasinya. Wah, salut sama anak-anak ini yang giat mewujudkan mimpinya!

 

 

Semua karya juga kegiatan OAO bisa di akses di chanel YouTube, website juga Instagram OAO sendiri yaitu @oao_daily. Ingin belajar ngiklan bareng OAO juga? Yuk, main-main ke Jogja.

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

MELIHAT WARNA-WARNI KRITIK KEHIDUPAN ALA UDIEN AEE

Seniman lagi, seniman lagi. Banyak pelaku seni ternyata di negeri ini. Kali ini, OUCOOL berkesempatan untuk menengok ‘’bengkel’’ salah satu seniman asal Jogjakarta, Udin Bahaudin atau sering dikenal dengan Udien AEE. Jika seniman-seniman di sana banyak yang bermukim di bagian selatan kota, justru berbeda dengan seniman satu ini yang bisa di temui di studio pribadinya,…
OU Cool

ACTION FIGURE DENGAN KEARIFAN LOKAL ALA GOOD GUYS NEVER WIN

If you’re a maniac of toys, let’s pick one of GGWN (Good Guys Never Win) Toy’s collection.   Toko mainan pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai macam jenis mainan yang punya nilai ceritanya tersendiri. Lokasinya ada di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Lapak mainan unik yang berdiri sejak 2005 ini sudah keliling banyak negara untuk mempromosikan…
OU Cool

BERSELANCAR DI DARAT JUGA LAUT DENGAN KARYA

Kreatifitas dunia seni emang nggak pernah mati. Bayangin aja, waktu kita sedang berselancar dengan papan di atas air atau juga di arena skate park dengan penuh taktik, kini semakin memukau dengan beberapa goresan gambar pada papan-papan tersebut. Sebut saja Arswandaru Cahyo, seorang artist yang kini kabarnya tinggal di Bali ini sudah memulai karirnya sejak masih…
OU Cool

BELAJAR RAJUT BARENG POYENG

Siapa bilang merajut hanya untuk orang tua saja? Anak muda saat ini sudah banyak yang melirik, bahkan tidak sedikit yang ahli dalam dunia rajut merajut ini lho! Merajut yang dulu dikenal sebagai kegiatan jadul ini ternyata punya banyak manfaat bagi diri pribadi, juga hasil prakarya yang beranekaragam tersebut memang selalu punya hati di pasaran.  …