SURVIVE GARAGE: NGGAK CUMA ARTSPACE TAPI JUGA ACTSPACE

Survive! Garage

Sebuah artspace yang nyempil di antara rumah warga. Tempat ini patut buat disinggahi kalo ada waktu luang di Jogja. Rumah dengan mural warna-warni ini seklias nampak seperti rumah biasa. Namun, jika sudah masuk ke dalam artspace tersebut, ruangan-ruangan yang ada di dalamnya tampak seperti studio pribadi, dengan banyak karya terpajang di kanan dan kiri.

 

Siapa saja boleh berkunjung dan belajar di artspace ini. Orang-orangnya ramah, bahkan tidak heran jika banyak orang asing yang berulang kali datang untuk belajar, ataupun sekedar mampir saja. Artspace ini juga menerima mahasiswa magang (program seni khususnya) selama 3 bulan. Jadi bisa belajar banyak dari para pelaku seni yang ada di artspace ini.

Dari depan, kita sudah disambut oleh art shop, yang menjual karya dari anak-anak Survive! Garage sendiri. Ada banyak karya, tergantung stok persediaan, dari kaos, enamel pin, patch, buku, sabun alami, buku mewarnai, lukisan, sticker, dan lainnya. Lanjut masuk ke ruang tengah, terdapat ruang pajang karya, juga ada studio tattoo tersendiri.

 

Masih di ruang tengah, ada juga tempat nongkrong yang sangat nyaman sekali. Bahkan, tempat nongkrong di situ sangat pas untuk melepas penat seharian bekerja atau sekedar mencari inpirasi sambil menunggu gelap.  Banyak seniman asing yang gilir berganti untuk belajar di artspace ini. tidak hanya belajar juga, ada pula yang mengadakan pameran juga workshop di tempat tersebut. Siapa saja boleh belajar di Survive! Garage ini, dari seni cukil, batik, gambar, lukis, dan lainnya.

 

Survive! Garage ini juga punya program khusus buat anak-anak yang sering diikuti oleh anak-anak dari sekitar artspace tersebut, namanya program Uyel-Uyelan. Program ini mengajarkan banyak hal terkait seni kepada anak-anak sekitar dari hari Senin-Kamis, yang dimentori langsung oleh anggota survive yang sedang ada di galeri. Biasanya mereka membuat gambar juga lagu bersama. Untuk alat-alat gambar, mereka membawa sendiri dari rumah, dan karya-karya dari anak-anak tersebut biasanya akan dipentaskan pada saat-saat tertentu.

Survive! Garage ini didirikan oleh Bayu Widodo, seorang pekerja seni yang dikenal sering membuat karya-karya visual untuk mengkritik masalah politik, sosial, dan lingkungan. Dia telah memamerkan karya-karyanya secara luas di Indonesia dan sejumlah negara di luar negeri. Adanya artspace ini untuk mengaktifkan forum alternatif bagi seniman yang berada di luar budaya seni mainstream, dan menyediakan basis komunitas sebagai tempat para seniman agar dapat saling terhubung.

3 comments

  1. Pingback: Suarez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

A Short Getaway with NUVANTARA

“Hakuna Matata! What a wonderful phrase Hakuna Matata! Ain’t no passing craze It means no worries For the rest of your days It’s our problem-free philosophy Hakuna Matata!”   That song really represents our free-spirited soul, don’t you agree? OU get that most of us often crave new fun ways to spend our spare time.…
OU Cool

Perkaya Wawasan dan Inspirasi di Pameran Xu Bing: Thought and Method

Mungkin sudah banyak yang tahu ya kalau Tiongkok adalah negara dengan peradaban tertua di Asia Timur. Selain kaya akan kebudayaan dan sejarah, sejumlah penemuan juga berasal dari Tiongkok, seperti kertas, kompas, dan bubuk mesiu. Kebahagiaan datang menghunjam Tiongkok pada tahun 1955 sebab Xu Bing, sang perupa ternama, lahir.
OU Cool

@rainbow_capsule: Seni Underground Telah Muncul di Permukaan

Pernah nggak sih kamu melakukan hal yang berbeda di saat kebanyakan teman-temanmu melakukan hal-hal yang sedang tren? OU COOL punya kisah menarik yang menceritakan hal tersebut dan khusus disampaikan buatmu lho. Jadi pastikan kamu membacanya dengan saksama, agar dapat memahami dan belajar dari kisah tersebut.   Di awal cerita, OU COOL akan memperkenalkan kamu dengan…
OU Cool

Kolaborasi @komikfaktap & Gojek: Kecerdikan Anak Bangsa yang Menginspirasi 

Kamu pernah nggak sih waktu lagi jalan-jalan santai trus tiba-tiba sandal jepitmu putus? Wah, disaster! Hmm… Apa sih yang bakal kamu lakuin? Kamu buang? Tau nggak sih, sebenernya ada caranya lho supaya bisa kamu pakai lagi.   Atau… pernah nggak terlintas dalam benakmu untuk mengolah barang bekas jadi lebih bermanfaat? Misalnya menyulap tempat menyimpan DVD yang…