Super Art Fest 2019: Do Pop, Go Global

SUPER ART FEST 2019

 

Super Art Fest 2019 itu salah satu platform untuk mendorong perkembangan kemunculan perupa-perupa muda di Indonesia. Dengan adanya Super Art Fest 2019 memberikan keuntungan dan kemudahan bagi para perupa-perupa muda. Terutama perupa muda yang masih ga tau nih cara mengakses masuk ke lingkungan seni secara khusus kaya apa, tapi tertarik banget untuk bisa mengembangkan talenta mereka dan berkesempatan juga untuk mendapatkan apresiasi yang lebih luas dari masyarakat.

Yang membuat Super Art Fest menjadi menarik adalah perhatianya pada bentuk karya visual yang lebih pop seperti komik, ilustrasi, street art, sama custom art. Menurut Mas Leo Barto salah satu kurator Super Art Fest 2019, ada beberapa alasan dalam pemilihan medium tersebut.

 

Pertama, keempat kategori tersebut merupakan elemen-elemen penting yang muncul dalam bentuk budaya urban di Indonesia maupun secara global. Kedua, kategori tersebut sangat dekat dengan dunia anak muda yang kulturnya otodidak, yang memungkinkan keterlibatan peserta yang lebih beragam. Ketiga, kategori tersebut memungkinkan para peserta kompetisi untuk dapat melakukan kolaborasi satu dengan yang lainnya.

 

Fyi nih nih guys, Super Art Fest 2019 melakukan tiga kali exhibition. Exhibition pertama itu kategori Comic and Illustration pada tanggal 6-7 Juli 2019 kemarin di Aksara Kemang, kedua Street Art Exhibition tanggal 22-23 Juli kemarin di Dia Lo Gue, dan ketiga ada Custom Art Exhibition tanggal 13 Juli 2019 kemarin di Moto Village.

 

Nah kemarin tanggal 13 Juli 2019 team OuMagz berkesempatan untuk datang dan ngobrol dengan kurator yang sedang berjaga disana, yaitu Mba NN yang mengdekor semua tatanan pameran dan kurotor semua perupa yang karyanya masuk dalam Super Art Fest 2019.

 

Awal datang ke lokasi di Moto Village, kita sudah bisa melihat tempat tersebut di desain dengan eye catching-nya karena warna dan desainnya yang artsy banget. Masuk ke dalam kita disuguhkan dengan TV besar yang menarik mata, kata Mba NN sih, karena barang-barang di pameran kecil, jadi harus ada diberikan sentuhan satu barang yang besar dan menarik mata pengunjung. Dan emang bener banget, sekali masuk, mata langsung tertuju kesana. Ternyata TV besar itu untuk photobooth guys, ga cuma pajangan doang.

 

Di dekat pintu masuk kita bisa langsung melihat pajangan motor custom yang unik banget, biasanya otomotif seperti ini hanya untuk dikoleksi guys, ga untuk dipake. Sayang sih, tapi jangan salah.. Semua pajangan itu bisa digunakan lho, bahkan yang kecil itu memang yang make orang dewasa juga. Karena desain dan bentuknya yang ga biasa, mereka lebih suka  menyimpannya, begitu. Semuanya memang bisa digunakan, dan dikustom sedemikian rupa yang sesuai dengan imajinasi seni mereka dan kepribadian mereka.

Disisi kanan kita bisa melihat pajangan sepatu-sepatu custom nih guys yang ga kalah kerennya. Detailnya itu bisa sampai sepatu tersebut diukir, diwarnai, di permak bentuknya sedemikian rupa, hingga jadi sepatu yang hits banget.

Disisi lain juga ada kustom jaket, gitar, dan juga skateboard. Perupa-perupa ini datangnya dari macem-macem kota, ada yang dari Jakarta, Makasar, Jogja, dan masih banyak lagi. Kreasi desainnya juga macem-macem, dari gambar, ukiran, kaligrafi, doodling.

 

Memang tidak terlalu banyak koleksi dari pameran ini, namun untuk diketahui semua custom art dalam pameran ini sangat detail banget dan berasal dari tangan perupa-perupa yang memang sangat ahli dibidangnya.

Setelah dari pembukaan pameran, akan ada workshop yang langsung mendatangkan perutapa sekaligus juri utama custom art ini yaitu Hardthirteen (@hardthirteen). Setelah itu dilanjutkan dengan iringan musik DJ untuk menghibur semua pengunjung yang datang. Kurang keren apa coba, jarang banget tuh bisa lihat pameran begini sambil joget ya kan!

 

Yang unik dari segala sesuatu yang di kustom ditempat ini ialah barangnya hanya ada satu guys, jadi sudah pasti limited edition punya, dan ga bakal pasaran deh, karena memang berbeda dengan yang dijual dipasaran!

Tips Tipis Untuk Penikmat Pameran Seni

 

Nah sedikit tips nih guys untuk para penikmat seni yang sering banget ngunjungin pameran-pameran. Sebelum masuk ke pameran, dibiasakan untuk membaca pesan dari kurator dulu ya guys. Jadi setelah mengetahui isi dari pameran yang ingin ditampilkan, akan membuat kalian lebih gampang menikmati pameran tanpa binggung, “ini maksudnya apa” “kenapa seperti ini ya konsepnya”, dll. Biasakan membaca terlebih dulu ya!

Competition Super Art Fest 2019

 

Super Art Fest 2019 juga membuka kompetisi untuk empat kategori diatas, start dari tanggal 21 juni – 16 agustus bulan depan. Akan dipilih lima finalis setiap kategorinya dan diambil tiga pemenang. Yang juara satu nanti berkesempatan untuk ke HKWALLS (the biggest street art festival) di Hong Kong dan HK Art Basel tahun depan. Behhh tinggal gass aja tuh gengs upload karya!

Sukses terus Super Art Fest! Psss btw nih, Super Art Fest tahun ini adalah tahun pertama lho. Kami tunggu karya-karya keren lainnya tahun depan ya!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

A Short Getaway with NUVANTARA

“Hakuna Matata! What a wonderful phrase Hakuna Matata! Ain’t no passing craze It means no worries For the rest of your days It’s our problem-free philosophy Hakuna Matata!”   That song really represents our free-spirited soul, don’t you agree? OU get that most of us often crave new fun ways to spend our spare time.…
OU Cool

Perkaya Wawasan dan Inspirasi di Pameran Xu Bing: Thought and Method

Mungkin sudah banyak yang tahu ya kalau Tiongkok adalah negara dengan peradaban tertua di Asia Timur. Selain kaya akan kebudayaan dan sejarah, sejumlah penemuan juga berasal dari Tiongkok, seperti kertas, kompas, dan bubuk mesiu. Kebahagiaan datang menghunjam Tiongkok pada tahun 1955 sebab Xu Bing, sang perupa ternama, lahir.
OU Cool

@rainbow_capsule: Seni Underground Telah Muncul di Permukaan

Pernah nggak sih kamu melakukan hal yang berbeda di saat kebanyakan teman-temanmu melakukan hal-hal yang sedang tren? OU COOL punya kisah menarik yang menceritakan hal tersebut dan khusus disampaikan buatmu lho. Jadi pastikan kamu membacanya dengan saksama, agar dapat memahami dan belajar dari kisah tersebut.   Di awal cerita, OU COOL akan memperkenalkan kamu dengan…
OU Cool

Kolaborasi @komikfaktap & Gojek: Kecerdikan Anak Bangsa yang Menginspirasi 

Kamu pernah nggak sih waktu lagi jalan-jalan santai trus tiba-tiba sandal jepitmu putus? Wah, disaster! Hmm… Apa sih yang bakal kamu lakuin? Kamu buang? Tau nggak sih, sebenernya ada caranya lho supaya bisa kamu pakai lagi.   Atau… pernah nggak terlintas dalam benakmu untuk mengolah barang bekas jadi lebih bermanfaat? Misalnya menyulap tempat menyimpan DVD yang…