OU COOL: CHOO-CHOO, SOBAT BAIK DARI KERETA COMMUTER LINE

Choo-Choo, buku ilustrasi bergambar yang berisi cerita seekor anjing dan rubah ini ikut meramaikan dunia buku ilustrasi Indonesia. Sama seperti Naela Ali, Lala Bohang, dan Marchella FP, kini Citra Marina ikut mendobrak semangat membaca masyarakat Indonesia lewat karya-karya mereka yang serupa tersebut.
Choo-Choo, bikinan Citra ini bisa dibilang sebuah refleksi diri seorang Citra selama ia berada di gerbong Commuter Line untuk berangkat bekerja. Lamanya perjalanan menuju kantor membuat dirinya enggan untuk membuka telepon selulernya saja. Dirinya pun memutuskan untuk selalu membawa sketchbook kecil, dan menggambar apapun yang sedang ia rasakan saat itu.

Tidak disangka, gambarannya tersebut mendapat respon positif dari para netizen di Instagram. Ilustrasi cerita Choo-Choo ini banyak menyentil para netizen di sosial media karena sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun Citra tidak pernah bermaksud untuk menyindir orang lain, namun sebenarnya, ilustrasi Choo-Choo tersebut adalah sebuah refleksi dirinya sendiri yang mungkin bisa menjadi refleksi orang lain seperti yang banyak terjadi sekarang ini.

 

 

Nama Choo-Choo ini lahir dari celetukan tidak sengaja teman-teman Citra yang kerap melihat hastag postingannya di Instagram. Padahal, menurut penjelasan Citra sendiri, karakter Choo-Choo tersebut awalnya bernama Fog Dox (campuran dari fox dan dog). Melihat respon yang semakin positif dari para teman-temannnya tersebut, dirinya merasa punya peluang besar untuk menyampaikan sebuah pesan lewat gambar-gambarannya tersebut.

This makes me become more sure that I want to make art in which people can see themselves, instead of myself-Citra.

 

Melihat perkembangan konten marketing saat ini, banyak orang yang terobsesi dengan apa yang orang lain punyai. Bahkan, tidak jarang diantara mereka kurang bersyukur dengan apa yang dipunya. Hal ini membuat Citra semangat untuk menyebarkan pesan-pesan yang relate dengan kehidupan tersebut melalui Choo-Choo.

 

Choo Choo adalah sebuah ongoing project yang punya misi besar untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan kita agar lebih berpikir kritis (think about our feelings, instead of allowing feelings to blind our logic) dan untuk berempati (mau memahami orang lain, tidak hanya mengurusi urusan orang lain).

 

Rencananya, buku ilustrasi Choo-Choo ini akan menjadi sebuah triologi karena Citra saat ini sedang fokus mengerjakan materi buku Choo-Choo ke-2 dan ke-3. Selain mengerjakan Choo-Choo, Citra juga sering mengadakan workshop di Jakarta mengenai materi watercolor yang kerap diikuti oleh para penggiat gambar, juga gouache, yang banyak diikuti oleh para pemula dan ingin belajar menggambar. Wah, salut sama Citra!

 

Bikin buku udah, ngadain workshop juga udah. Keinginan Citra lainnya yaitu untuk membawa Choo-Choo berkolaborasi dengan salah satu brand fashion favoritnya, Uniqlo. Amin, semoga terealisasi yaa!

 

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

OU COOL: CREACVITY WITH LENS BY FAISAL Y. DJAJA

Apa yang kamu bayangkan ketika melihat feed Instagram dari @faisaldjaja ini? Simple, klasik, dan sangat VSCO sekali, begitu kurang lebih yang OU COOL rasakan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai fotografi ala Faisal kali ini, kamu semua pasti sudah tidak asing bukan dengan VSCO? OU COOL yakin, generasi millenials saat ini pasti sudah diluar kepala mengenai…
OU Cool

EKSISTENSI TOKO MUSIK ‘KEEP-KEEP’

Toko musik masih menjadi rumah bagi para penikmatnya. Di antara banyaknya platform musik digital yang tumbuh subur sekarang ini, ternyata masih banyak toko musik yang dapat kita jumpai di beberapa kota, seperti ‘’Keep-keep’’ di Bandung dan ‘’Podomoro’’ di Yogyakarta . Toko-toko tersebut tidak banyak berubah, masih sebagai gudang inspirasi bagi para pelanggannya. Tidak lupa juga sebagai ajang temu kangen…
OU Cool

OU COOL: THE MAN BEHIND #MADEWITHSTORIES

Siapa yang tidak tahu Instagram? Platform yang hampir digunakan semua umat ini banyak sekali membawa perubahan. Tidak jarang juga yang akhirnya menemukan ‘’dirinya’’ pada platform tersebut. Sebut saja para influencer juga para pebisnis-pebisnis maya yang sering kita temui.     Bagi kamu yang sering main Instagram, rasanya ada nilai plus tersendiri jika konten yang kita…
OU Cool

OU COOL: CHOO-CHOO, SOBAT BAIK DARI KERETA COMMUTER LINE

Choo-Choo, buku ilustrasi bergambar yang berisi cerita seekor anjing dan rubah ini ikut meramaikan dunia buku ilustrasi Indonesia. Sama seperti Naela Ali, Lala Bohang, dan Marchella FP, kini Citra Marina ikut mendobrak semangat membaca masyarakat Indonesia lewat karya-karya mereka yang serupa tersebut. Choo-Choo, bikinan Citra ini bisa dibilang sebuah refleksi diri seorang Citra selama ia…