Choo-Choo, Sobat Baik dari Kereta Commuter Line

The Story of Choo-Choo

 

Buku ilustrasi bergambar ini berisi cerita tentang seekor anjing dan rubah. Sama para penerbit buku ilustrasi lainnya, kini Citra Marina ikut mendobrak semangat membaca masyarakat Indonesia lewat karyanya tersebut. Lamanya perjalanan menuju kantor membuat dirinya enggan untuk membuka telepon selulernya saja. Dirinya memutuskan untuk membawa sketchbook kecil, dan menggambar apapun yang sedang ia rasakan saat itu.

 

Tidak disangka, gambarannya tersebut mendapat respon positif dari para netizen di Instagram. Ilustrasinya tersebut banyak menyentil para netizen di sosial media karena sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun Citra tidak pernah bermaksud menyindir orang lain, namun sebenarnya, ilustrasi Choo-Choo ini adalah refleksi dirinya sendiri.

 

Nama Choo-Choo ini lahir dari celetukan teman-teman Citra yang kerap melihat hastag postingannya di Instagram. Padahal, menurut penjelasan Citra sendiri, karakter Choo-Choo ini awalnya bernama Fog Dox (campuran dari fox dan dog). Melihat respon positif dari para teman-temannnya tersebut, membuka diri Citra untuk menyampaikan sebuah pesan lewat gambar-gambarannya tersebut.

This makes me become more sure that I want to make art in which people can see themselves, instead of myself-Citra.

 

Citra melihat perkembangan konten marketing saat ini. Membandingkan kehidupan dengan apa yang dipunya saat ini menjadi masalah banyak netizen Indoensia. Hal ini membuat Citra semangat untuk menyebarkan pesan-pesan melalui Choo-Choo.

 

Choo Choo adalah ongoing project yang punya misi besar untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan kita agar lebih berpikir kritis (think about our feelings, instead of allowing feelings to blind our logic) dan untuk berempati (mau memahami orang lain, tidak hanya mengurusi urusan orang lain).

 

Rencananya, buku ilustrasi Choo-Choo ini akan menjadi sebuah triologi karena Citra saat ini sedang fokus mengerjakan materi buku Choo-Choo ke-2 dan ke-3. Selain mengerjakan Choo-Choo, Citra juga sering mengadakan workshop di Jakarta mengenai materi watercolor yang kerap diikuti oleh para penggiat gambar, juga gouache, yang banyak diikuti oleh para pemula dan ingin belajar menggambar. Wah, salut sama Citra!

 

Bikin buku udah, ngadain workshop juga udah. Keinginan Citra lainnya yaitu untuk membawa Choo-Choo berkolaborasi dengan salah satu brand fashion favoritnya, Uniqlo. Amin, semoga terealisasi yaa!

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

A Short Getaway with NUVANTARA

“Hakuna Matata! What a wonderful phrase Hakuna Matata! Ain’t no passing craze It means no worries For the rest of your days It’s our problem-free philosophy Hakuna Matata!”   That song really represents our free-spirited soul, don’t you agree? OU get that most of us often crave new fun ways to spend our spare time.…
OU Cool

Perkaya Wawasan dan Inspirasi di Pameran Xu Bing: Thought and Method

Mungkin sudah banyak yang tahu ya kalau Tiongkok adalah negara dengan peradaban tertua di Asia Timur. Selain kaya akan kebudayaan dan sejarah, sejumlah penemuan juga berasal dari Tiongkok, seperti kertas, kompas, dan bubuk mesiu. Kebahagiaan datang menghunjam Tiongkok pada tahun 1955 sebab Xu Bing, sang perupa ternama, lahir.
OU Cool

@rainbow_capsule: Seni Underground Telah Muncul di Permukaan

Pernah nggak sih kamu melakukan hal yang berbeda di saat kebanyakan teman-temanmu melakukan hal-hal yang sedang tren? OU COOL punya kisah menarik yang menceritakan hal tersebut dan khusus disampaikan buatmu lho. Jadi pastikan kamu membacanya dengan saksama, agar dapat memahami dan belajar dari kisah tersebut.   Di awal cerita, OU COOL akan memperkenalkan kamu dengan…
OU Cool

Kolaborasi @komikfaktap & Gojek: Kecerdikan Anak Bangsa yang Menginspirasi 

Kamu pernah nggak sih waktu lagi jalan-jalan santai trus tiba-tiba sandal jepitmu putus? Wah, disaster! Hmm… Apa sih yang bakal kamu lakuin? Kamu buang? Tau nggak sih, sebenernya ada caranya lho supaya bisa kamu pakai lagi.   Atau… pernah nggak terlintas dalam benakmu untuk mengolah barang bekas jadi lebih bermanfaat? Misalnya menyulap tempat menyimpan DVD yang…