Octo Cornelius dan Cintanya Terhadap Kayu

Bicara soal kayu, biasanya enggak jauh-jauh dari furniture atau produk rumah tangga pada umumnya. Akan tetapi, Octo Cornelius dapat menyanggah pandangan tersebut. Di tangan Octo, olahan kayu tidak hanya harus berakhir menjadi furnitur, bila dieksplor lebih dalam, woodwork, ternyata lebih dari itu.

 

Sejarah “bermain” dengan medium kayu telah ia jalani sejak kecil. Mulai dari membuat mainan sederhana, hingga kini telah memamerkan beragam instalasi yang terbuat dari kayu.

 

 

Dan hampir semua karyanya dibuat sendiri alias manual work. Bagi Octo, manual work menyimpan keindahannya tersendiri. Mungkin hasilnya tidak sesempurna buatan mesin, tapi karya yang dihasikan biasanya memiliki ceritanya sendiri.

 

Tak ingin kegemarannya ini disimpan sendiri saja, pada tahun 2013 Octo membuat  Woodapple.

 

Berbagai produk yang mungkin awalnya tidak pernah terpikir bisa terbuat dari kayu bisa ditemukan di Woodapple, misanya saja dasi kupu-kupu kayu, atau ikat pinggang kayu.

 

 

Enggak cuma itu, berbagai macam kerajinan kayu lain seperti tutup gelas customizeable, lampu meja, dan keranjang sepeda, juga bisa kamu dapatkan di Woodapple.

 

Enggak heran sih, pria lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini memang cukup terkenal di ranah woodwork, beragam pameran dengan berbagai instalasi yang terbuat dari kayu pernah Octo jajal. Misalnya saja commisioned work yang diadakan di tahun 2015 dan 2013, tepatnya di Theatre Street Cones dan Concourse, Esplanade, Singapura yang bertajuk “Circle of Hope” . Belum lagi pameran-pameran yang telah ia ikuti bersama seniman-seniman lainnya di tanah air.

 

 

Saat ini, Octo tengah mempersiapkan solo project yang dijadwalkan untuk awal tahun 2019. “Melakukan pengembangan ide dan eksplorasi dari pameran tunggal saya sebelumnya di akhir tahun lalu untuk dipresentasikan kembali dengan pengalaman-pengalaman yang baru, serta mempersiapkan desain-desain baru untuk produk Woodapple.” tambahnya.

 

 

Oh ya, melalui Woodapple, Octo juga ingin menularkan kecintaannya pada kayu. Karena, Woodapple berusaha membagikannya melalui beberapa workshop di sekolah atau di komunitas.

 

Tertarik untuk mengeksplorasi medium kayu dari ahlinya? Yuk mampir ke Woodapple Studio di Yogya, atau follow Instagram @woodapple_project ya!

 

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Achebong Dan Bookbinding Warna – Warni Gonjrengnya

Siapa yang nggak tahan lihat bookbinding handmade lucu-lucu dengan berbagai macam variasi juga model? Rasanya ingin memiliki semuanya kalo lihat koleksi dari karya Andini ini atau sering di kenal dengan nama Achebong.   Semua berawal dari iseng-iseng berhadiah saat melihat tutorial Sarah Nielsen, bookbinder di sebuah blog yang akhirnya membuat dirinya ketagihan dan terus bereksperimen…
OU Cool

TERBENTUR, TERBENTUR, TERBENTUK ALA KBBI OAO

Pernah dengar belum kelompok belajar ngiklan? Ha? Ngiklan emang ada tempat belajarnya? Ada dong! Bukan sekolah lho yaaa, bukan. Kebetulan kemarin Ou Cool sempat main ke kelompok belajar bikin iklan ini di Jogja ini. Namanya OAO atau Otak Atik Otak.   Usut punya usut, kelompok ini ternyata sudah 6 tahun berdiri, guys, dan mayoritas anggotanya…
OU Cool

BLACKHANDDESIGN: Berani Menginspirasi Orang Lain Dengan Karya

Masih pada ingat dengan logo 73 HUT Indonesia kemarin? Yap! Kali ini Ou Cool bakal bahas kreator di balik logo tersebut, lho!   Kalo kalian yang masih ingat minggu-minggu kemarin, logo ini sempet booming juga di pilih langsung oleh bapak presiden kita, Jokowi. Gimana enggak? Ternyata proses pemilihan logo ini cukup ketat, guys.  
OU Cool

Bercermin Lewat Ilustrasi Kathrin

Katanya ada tiga tipe manusia, yang mengutarakan isi hatinya lewan lisan, tulisan, dan yang mengutarakan isi hatinya lewat visual.   Kali ini Ou dapat kesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng Kathrin Honesta, Illustrator yang jago bercerita lewat karya visualnya. Buat Kathrin, menggambar merupakan panggilan, jadi nggak akan bisa kalau nggak gambar. Kecintaan ini sudah tumbuh sejak Kathrin…