Octo Cornelius dan Cintanya Terhadap Kayu

Bicara soal kayu, biasanya enggak jauh-jauh dari furniture atau produk rumah tangga pada umumnya. Akan tetapi, Octo Cornelius dapat menyanggah pandangan tersebut. Di tangan Octo, olahan kayu tidak hanya harus berakhir menjadi furnitur, bila dieksplor lebih dalam, woodwork, ternyata lebih dari itu.

 

Sejarah “bermain” dengan medium kayu telah ia jalani sejak kecil. Mulai dari membuat mainan sederhana, hingga kini telah memamerkan beragam instalasi yang terbuat dari kayu.

 

 

Dan hampir semua karyanya dibuat sendiri alias manual work. Bagi Octo, manual work menyimpan keindahannya tersendiri. Mungkin hasilnya tidak sesempurna buatan mesin, tapi karya yang dihasikan biasanya memiliki ceritanya sendiri.

 

Tak ingin kegemarannya ini disimpan sendiri saja, pada tahun 2013 Octo membuat  Woodapple.

 

Berbagai produk yang mungkin awalnya tidak pernah terpikir bisa terbuat dari kayu bisa ditemukan di Woodapple, misanya saja dasi kupu-kupu kayu, atau ikat pinggang kayu.

 

 

Enggak cuma itu, berbagai macam kerajinan kayu lain seperti tutup gelas customizeable, lampu meja, dan keranjang sepeda, juga bisa kamu dapatkan di Woodapple.

 

Enggak heran sih, pria lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini memang cukup terkenal di ranah woodwork, beragam pameran dengan berbagai instalasi yang terbuat dari kayu pernah Octo jajal. Misalnya saja commisioned work yang diadakan di tahun 2015 dan 2013, tepatnya di Theatre Street Cones dan Concourse, Esplanade, Singapura yang bertajuk “Circle of Hope” . Belum lagi pameran-pameran yang telah ia ikuti bersama seniman-seniman lainnya di tanah air.

 

 

Saat ini, Octo tengah mempersiapkan solo project yang dijadwalkan untuk awal tahun 2019. “Melakukan pengembangan ide dan eksplorasi dari pameran tunggal saya sebelumnya di akhir tahun lalu untuk dipresentasikan kembali dengan pengalaman-pengalaman yang baru, serta mempersiapkan desain-desain baru untuk produk Woodapple.” tambahnya.

 

 

Oh ya, melalui Woodapple, Octo juga ingin menularkan kecintaannya pada kayu. Karena, Woodapple berusaha membagikannya melalui beberapa workshop di sekolah atau di komunitas.

 

Tertarik untuk mengeksplorasi medium kayu dari ahlinya? Yuk mampir ke Woodapple Studio di Yogya, atau follow Instagram @woodapple_project ya!

 

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

MELIHAT WARNA-WARNI KRITIK KEHIDUPAN ALA UDIEN AEE

Seniman lagi, seniman lagi. Banyak pelaku seni ternyata di negeri ini. Kali ini, OUCOOL berkesempatan untuk menengok ‘’bengkel’’ salah satu seniman asal Jogjakarta, Udin Bahaudin atau sering dikenal dengan Udien AEE. Jika seniman-seniman di sana banyak yang bermukim di bagian selatan kota, justru berbeda dengan seniman satu ini yang bisa di temui di studio pribadinya,…
OU Cool

ACTION FIGURE DENGAN KEARIFAN LOKAL ALA GOOD GUYS NEVER WIN

If you’re a maniac of toys, let’s pick one of GGWN (Good Guys Never Win) Toy’s collection.   Toko mainan pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai macam jenis mainan yang punya nilai ceritanya tersendiri. Lokasinya ada di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Lapak mainan unik yang berdiri sejak 2005 ini sudah keliling banyak negara untuk mempromosikan…
OU Cool

BERSELANCAR DI DARAT JUGA LAUT DENGAN KARYA

Kreatifitas dunia seni emang nggak pernah mati. Bayangin aja, waktu kita sedang berselancar dengan papan di atas air atau juga di arena skate park dengan penuh taktik, kini semakin memukau dengan beberapa goresan gambar pada papan-papan tersebut. Sebut saja Arswandaru Cahyo, seorang artist yang kini kabarnya tinggal di Bali ini sudah memulai karirnya sejak masih…
OU Cool

BELAJAR RAJUT BARENG POYENG

Siapa bilang merajut hanya untuk orang tua saja? Anak muda saat ini sudah banyak yang melirik, bahkan tidak sedikit yang ahli dalam dunia rajut merajut ini lho! Merajut yang dulu dikenal sebagai kegiatan jadul ini ternyata punya banyak manfaat bagi diri pribadi, juga hasil prakarya yang beranekaragam tersebut memang selalu punya hati di pasaran.  …