NUS SALOMO SOLO EXHIBITION : WING THINGS

Pada tanggal 20 Mei-14 Juni 2019 kemarin di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, solo exhibition karya Nus Salomo berjudul ‘WING THINGS’ dipamerkan. Wing Things merupakan pilihan Nus Salomo untuk menemukan dan menyatakan bahasa yang mampu menyimbolkan keadaan manusia saat ini. Nus memilih menunjukkan kemungkinan seseorang untuk ‘terbang’ dan memandang dari atas persoalan. Pilihan ni tak hanya akan mengajak orang ‘bagaimana menjalankan hidup’, tapi juga jika perlu, mengubahnya.

 

NUS SALOMO

 

Dalam hal berkarya, Nus memiliki karir yang tak biasa sebagai seniman. Perkembangan karir nya sudah dimulai sejak Ia menekuni Pendidikan formal di bidang arsitektur di ITB, yang kemudian memilih pindah menekuni teknologi animasi dan rekayasa visual secara digital di Amerika Serikat. Disana Nus langsung berhadapan dengan lingkungan yang memiliki kemajuan teknologi yang sudah jauh modern dan industri sinema dunia yang kian hari bergantung pada pada kecanggihan rekaya teknologi digital.

WING THINGS

Tema sayap yang diusung bagi Nus Salomo, punya segi pengalaman yang bersifat personal,  dan juga mengandung makna-makna simbolik yang bisa berlaku secara umum. Lebih dari 25 karya dalam pameran ini tidak hanya menunjukkan karya-karya yang bersifat konvensional saja (gambar, lukisan), tetapi juga kreasi instalasi, serta karya-karya rekayasa digital yang bersifat dua dan tiga dimensional.

Ketika memasuki ruang pameran ini, kita bisa melihat instalasi sayap yang besar, banyak pula spot-spot tertentu yang dapat dijadikan objek untuk berswafoto. Karya sayap-sayap ini terlihat sangat unik dan karena tema nya sayap, memang dalam karya-karya dibuat sedemikian rupa dengan unsur sayap. Bukan hanya itu, karya lain juga ditampilkan, misalnya saja karyanya yang berjudul “Song of the Orchid Bamboo” menggunakan bamboo sebagai medium eksplorasi untuk menciptakan karya seni dengan desain kontemporer.

Dengan adanya acara ‘WING THINGS’ ini Nus Salomo ingin mengungkapkan pengalaman kreatif dirinya tentang segala sesuatu mengenai sayap, sebagai rangkaian pengalaman yang bersifat estetik, dramatik, sekaligus juga paradoks.

Sukses terus Nus Salomo dengan pemikiran baik yang mengeluarkan karya seni yang sangat thoughtfull  yang membawa semua orang merefleksikan diri mengenai persoalan hidup dan mengajak untuk berfikir cara menjalaninya.

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Super Art Fest 2019: Do Pop, Go Global

SUPER ART FEST 2019   Super Art Fest 2019 itu salah satu platform untuk mendorong perkembangan kemunculan perupa-perupa muda di Indonesia. Dengan adanya Super Art Fest 2019 memberikan keuntungan dan kemudahan bagi para perupa-perupa muda. Terutama perupa muda yang masih ga tau nih cara mengakses masuk ke lingkungan seni secara khusus kaya apa, tapi tertarik…
OU Cool

Malikas: Full of Expression with Patterns

Pattern Menurut Malikas a.k.a Labib A Falahi   Ilustrasi yang dominan dengan pattern memiliki arti tersendiri. Menurut Malikas alias Labib A Falahi, setiap pattern punya ciri khasnya masing-masing. Meskipun terkadang terdapat visual yang simple namun bisa saja memiliki arti tersendiri atau sebuah bentuk ekspresi. Pattern yang digunakan pun didapatkannya dari inspirasi yang tak terduga. Bahkan bisa didapatkan dari lingkungan di…
OU Cool

Nemonic Design: The Beauty Of Passionate Pattern

Memiliki background textile designer, Nemonic dilahirkan dari dua tangan anak muda. Mereka bernama Inas Nabilla dan Aghnat Baizura yang mulai mengenal teknik marbling sejak awal tahun 2014. Hal ini dikarenakan marbling memberikan visual one of a kind yang menarik.   Dari sana kemudian diputuskan untuk fokus bereksplorasi dengan teknik marbling, meskipun awal pencobaan mereka masih…
OU Cool

NUS SALOMO SOLO EXHIBITION : WING THINGS

Pada tanggal 20 Mei-14 Juni 2019 kemarin di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, solo exhibition karya Nus Salomo berjudul ‘WING THINGS’ dipamerkan. Wing Things merupakan pilihan Nus Salomo untuk menemukan dan menyatakan bahasa yang mampu menyimbolkan keadaan manusia saat ini. Nus memilih menunjukkan kemungkinan seseorang untuk ‘terbang’ dan memandang dari atas persoalan. Pilihan ni tak hanya akan…