NUS SALOMO SOLO EXHIBITION : WING THINGS

Pada tanggal 20 Mei-14 Juni 2019 kemarin di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, solo exhibition karya Nus Salomo berjudul ‘WING THINGS’ dipamerkan. Wing Things merupakan pilihan Nus Salomo untuk menemukan dan menyatakan bahasa yang mampu menyimbolkan keadaan manusia saat ini. Nus memilih menunjukkan kemungkinan seseorang untuk ‘terbang’ dan memandang dari atas persoalan. Pilihan ni tak hanya akan mengajak orang ‘bagaimana menjalankan hidup’, tapi juga jika perlu, mengubahnya.

 

NUS SALOMO

 

Dalam hal berkarya, Nus memiliki karir yang tak biasa sebagai seniman. Perkembangan karir nya sudah dimulai sejak Ia menekuni Pendidikan formal di bidang arsitektur di ITB, yang kemudian memilih pindah menekuni teknologi animasi dan rekayasa visual secara digital di Amerika Serikat. Disana Nus langsung berhadapan dengan lingkungan yang memiliki kemajuan teknologi yang sudah jauh modern dan industri sinema dunia yang kian hari bergantung pada pada kecanggihan rekaya teknologi digital.

WING THINGS

Tema sayap yang diusung bagi Nus Salomo, punya segi pengalaman yang bersifat personal,  dan juga mengandung makna-makna simbolik yang bisa berlaku secara umum. Lebih dari 25 karya dalam pameran ini tidak hanya menunjukkan karya-karya yang bersifat konvensional saja (gambar, lukisan), tetapi juga kreasi instalasi, serta karya-karya rekayasa digital yang bersifat dua dan tiga dimensional.

Ketika memasuki ruang pameran ini, kita bisa melihat instalasi sayap yang besar, banyak pula spot-spot tertentu yang dapat dijadikan objek untuk berswafoto. Karya sayap-sayap ini terlihat sangat unik dan karena tema nya sayap, memang dalam karya-karya dibuat sedemikian rupa dengan unsur sayap. Bukan hanya itu, karya lain juga ditampilkan, misalnya saja karyanya yang berjudul “Song of the Orchid Bamboo” menggunakan bamboo sebagai medium eksplorasi untuk menciptakan karya seni dengan desain kontemporer.

Dengan adanya acara ‘WING THINGS’ ini Nus Salomo ingin mengungkapkan pengalaman kreatif dirinya tentang segala sesuatu mengenai sayap, sebagai rangkaian pengalaman yang bersifat estetik, dramatik, sekaligus juga paradoks.

Sukses terus Nus Salomo dengan pemikiran baik yang mengeluarkan karya seni yang sangat thoughtfull  yang membawa semua orang merefleksikan diri mengenai persoalan hidup dan mengajak untuk berfikir cara menjalaninya.

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

A Short Getaway with NUVANTARA

“Hakuna Matata! What a wonderful phrase Hakuna Matata! Ain’t no passing craze It means no worries For the rest of your days It’s our problem-free philosophy Hakuna Matata!”   That song really represents our free-spirited soul, don’t you agree? OU get that most of us often crave new fun ways to spend our spare time.…
OU Cool

Perkaya Wawasan dan Inspirasi di Pameran Xu Bing: Thought and Method

Mungkin sudah banyak yang tahu ya kalau Tiongkok adalah negara dengan peradaban tertua di Asia Timur. Selain kaya akan kebudayaan dan sejarah, sejumlah penemuan juga berasal dari Tiongkok, seperti kertas, kompas, dan bubuk mesiu. Kebahagiaan datang menghunjam Tiongkok pada tahun 1955 sebab Xu Bing, sang perupa ternama, lahir.
OU Cool

@rainbow_capsule: Seni Underground Telah Muncul di Permukaan

Pernah nggak sih kamu melakukan hal yang berbeda di saat kebanyakan teman-temanmu melakukan hal-hal yang sedang tren? OU COOL punya kisah menarik yang menceritakan hal tersebut dan khusus disampaikan buatmu lho. Jadi pastikan kamu membacanya dengan saksama, agar dapat memahami dan belajar dari kisah tersebut.   Di awal cerita, OU COOL akan memperkenalkan kamu dengan…
OU Cool

Kolaborasi @komikfaktap & Gojek: Kecerdikan Anak Bangsa yang Menginspirasi 

Kamu pernah nggak sih waktu lagi jalan-jalan santai trus tiba-tiba sandal jepitmu putus? Wah, disaster! Hmm… Apa sih yang bakal kamu lakuin? Kamu buang? Tau nggak sih, sebenernya ada caranya lho supaya bisa kamu pakai lagi.   Atau… pernah nggak terlintas dalam benakmu untuk mengolah barang bekas jadi lebih bermanfaat? Misalnya menyulap tempat menyimpan DVD yang…