NUS SALOMO SOLO EXHIBITION : WING THINGS

Pada tanggal 20 Mei-14 Juni 2019 kemarin di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, solo exhibition karya Nus Salomo berjudul ‘WING THINGS’ dipamerkan. Wing Things merupakan pilihan Nus Salomo untuk menemukan dan menyatakan bahasa yang mampu menyimbolkan keadaan manusia saat ini. Nus memilih menunjukkan kemungkinan seseorang untuk ‘terbang’ dan memandang dari atas persoalan. Pilihan ni tak hanya akan mengajak orang ‘bagaimana menjalankan hidup’, tapi juga jika perlu, mengubahnya.

 

NUS SALOMO

 

Dalam hal berkarya, Nus memiliki karir yang tak biasa sebagai seniman. Perkembangan karir nya sudah dimulai sejak Ia menekuni Pendidikan formal di bidang arsitektur di ITB, yang kemudian memilih pindah menekuni teknologi animasi dan rekayasa visual secara digital di Amerika Serikat. Disana Nus langsung berhadapan dengan lingkungan yang memiliki kemajuan teknologi yang sudah jauh modern dan industri sinema dunia yang kian hari bergantung pada pada kecanggihan rekaya teknologi digital.

WING THINGS

Tema sayap yang diusung bagi Nus Salomo, punya segi pengalaman yang bersifat personal,  dan juga mengandung makna-makna simbolik yang bisa berlaku secara umum. Lebih dari 25 karya dalam pameran ini tidak hanya menunjukkan karya-karya yang bersifat konvensional saja (gambar, lukisan), tetapi juga kreasi instalasi, serta karya-karya rekayasa digital yang bersifat dua dan tiga dimensional.

Ketika memasuki ruang pameran ini, kita bisa melihat instalasi sayap yang besar, banyak pula spot-spot tertentu yang dapat dijadikan objek untuk berswafoto. Karya sayap-sayap ini terlihat sangat unik dan karena tema nya sayap, memang dalam karya-karya dibuat sedemikian rupa dengan unsur sayap. Bukan hanya itu, karya lain juga ditampilkan, misalnya saja karyanya yang berjudul “Song of the Orchid Bamboo” menggunakan bamboo sebagai medium eksplorasi untuk menciptakan karya seni dengan desain kontemporer.

Dengan adanya acara ‘WING THINGS’ ini Nus Salomo ingin mengungkapkan pengalaman kreatif dirinya tentang segala sesuatu mengenai sayap, sebagai rangkaian pengalaman yang bersifat estetik, dramatik, sekaligus juga paradoks.

Sukses terus Nus Salomo dengan pemikiran baik yang mengeluarkan karya seni yang sangat thoughtfull  yang membawa semua orang merefleksikan diri mengenai persoalan hidup dan mengajak untuk berfikir cara menjalaninya.

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

“Spotlight/Dance to Art”: Lydia Janssen’s Book Launch/Exhibition

The COMO Uma Ubud, Bali is pleased to present Lydia Janssen’s book launch/exhibition entitled Spotlight / Dance to Art open to public March 8-10, 2020. This event is a must-attend for all of art enthusiasts!   ‘Dance to Art’ is Lydia Janssen’s first monograph. Published by SKIRA Milan and written by Ian Findlay-Brown, it is a…
OU Cool

Now Airing: “A Step” for Nath’s Next Step

Baru-baru ini, solois indie, Nath, akhirnya mewujudkan cita-cita terpendamnya lewat mini album yang bertajuk “A Step”. Single pertamanya “Tell Me” yang lebih dulu rilis di tahun 2018 sudah didengarkan lebih dari 300.000 kali di Spotify lho. Yuk mengenal lebih jauh sosok Nath dan mini albumnya!
OU Cool

Yuk Ikut Berbagai Acara Menarik di Japan Cultural Weeks 2020!

Kabar gembira untuk kalian pencinta budaya Jepang! Japan Cultural Weeks (JCW) diadakan di Jakarta mulai tanggal 10-29 Februari 2020. Seri pengenalan budaya Jepang ini akan menghadirkan beragam kegiatan seperti pertunjukan musik, lomba pidato Bahasa Jepang, pengenalan Bahasa Jepang, pameran seni rupa, workshop, pemutaran film, demonstrasi, hingga diskusi. Asyiknya lagi, semua acaranya tidak dipungut biaya!  …
OU Cool

Mengenal Lebih Dekat Seniman Muda Mjolneir

Hindia menjadi salah satu band Indonesia yang ketenarannya melesat cepat karena lagunya yang berjudul “Secukupnya” dirasa sangat relateable sama kehidupan anak-anak muda zaman sekarang. Selain lagu itu, masih banyak lagu-lagu lainnya yang dinyanyikan oleh sang vokalis, Baskara Putra. Salah satu lagunya yang juga banyak didengar berjudul “Belum Tidur” yang dinyanyikan bersama Sal Priadi. Seorang seniman…