MUSEUM MACAN: DUNIA DALAM BERITA

Bagi pecinta seni tanah air, para millenial yang seneng menjajal tempat-tempat instagramable, MUSEUM MACAN kembali mempersembahkan pameran seni lagi lho! Pameran terbaru yang diselenggarakan di Museum Macan tahun ini sudah dibuka sejak tanggal 1 Mei kemarin.

Seni terbaru yang diusung pada pameran kali ini ialah “Dunia dalam Berita”  yang terdiri dari karya-karya 10 perupa kontenporer kenamaan Indonesia:  Agus Suwage, FX Harsono, Heri Dono, I GAK Murniasih, I NYoman Mariadi, Krisna Murti, Mella Jaarsma, S. Teddy D, Taring Padi dan Tisna Sanjaya. Tajuk “Dunia dalam Berita” dalam pameran kali ini diambil dari acara berita popular yang disiarkan di TVRI yang begitu melekat dalam ingatan masyarakat di tahun 1990-an lho, generasi 90an ada yang tau ga nih?

Pameran ini memperlihatkan seni yang dihasilkan dari isu pergolakan politik menjelang dan setelah reformasi tahun 1998. Dikutip dari antaranews.com menurut Aaron Seeto, Direktur Museum Macan, pameran ini membahas hubungan antara praktik berkesenian dan pengaruh peristiwa politik di Indonesia pada sebuah periode penting dalam perjalanan negara ini. Reformasi memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kebebasan berekspresi, transformasi landscape media masa dan ekspresi artistik.

One of the most favorite place rekomendasi dari OU untuk datang ke Dunia Dalam Berita ini, adalah karya dari Krisna Murti yaitu “Food Stuff are Ethnic, Never Racist”. Estalase seni satu ini sangat unik, dengan paduan lampu merah muda dan penggunaan closet duduk sebagai media penyampaian pesan yang memperlihatkan makanan-makanan Indonesia yang sebenernya memiliki sedikit paduan dari barat.

Tapi tenanggg, yang lainnya juga banyak yang unik dan menarik banget kokk..

Selain Dunia dalam Berita, di bagian depan ada pameran ‘Matter and Place’, ruangan ‘Infinity Mirrored Room-Brilliance of the Souls’ Yayoi Kusama dan ‘Main Getah/Rubberscape’ Shooshie Sulaiman di ruang seni anak.

Infinity Mirrored Room ini hanya dapat kalian masuki selama 30 detik guys, disana kalian bisa melihat seni infinity room nya Yayoi Kusama sambil selfie dibawah lampu-lampu cantik!

Nah kalau Main Getah nya Shoosie Sulaiman konsepnya dia kaya lagi ditaman gitu guys, kalo mau masuk, kita harus telanjang kaki dulu. Disana disediakan dua meja dan beberapa kursi kecil, disana anak kecil maupun dewasa bisa ikut bermain getah-getahan, dan lagi berkreasi dengan stempel-stempel unik untuk membentuk karya wajah versi kamu.

Dilantai atas sendiri ada pameran tunggal dari Jeihan Sukmantoro ‘Hari-hari di Cicadas’ yang bisa dinikmati dengan santai.

Tunggu apalagi guys langsung aja ke Museum Macan kuurrr, pameran ini bakal ada ampe 21 Juli 2019 mendatang!

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

A Short Getaway with NUVANTARA

“Hakuna Matata! What a wonderful phrase Hakuna Matata! Ain’t no passing craze It means no worries For the rest of your days It’s our problem-free philosophy Hakuna Matata!”   That song really represents our free-spirited soul, don’t you agree? OU get that most of us often crave new fun ways to spend our spare time.…
OU Cool

Perkaya Wawasan dan Inspirasi di Pameran Xu Bing: Thought and Method

Mungkin sudah banyak yang tahu ya kalau Tiongkok adalah negara dengan peradaban tertua di Asia Timur. Selain kaya akan kebudayaan dan sejarah, sejumlah penemuan juga berasal dari Tiongkok, seperti kertas, kompas, dan bubuk mesiu. Kebahagiaan datang menghunjam Tiongkok pada tahun 1955 sebab Xu Bing, sang perupa ternama, lahir.
OU Cool

@rainbow_capsule: Seni Underground Telah Muncul di Permukaan

Pernah nggak sih kamu melakukan hal yang berbeda di saat kebanyakan teman-temanmu melakukan hal-hal yang sedang tren? OU COOL punya kisah menarik yang menceritakan hal tersebut dan khusus disampaikan buatmu lho. Jadi pastikan kamu membacanya dengan saksama, agar dapat memahami dan belajar dari kisah tersebut.   Di awal cerita, OU COOL akan memperkenalkan kamu dengan…
OU Cool

Kolaborasi @komikfaktap & Gojek: Kecerdikan Anak Bangsa yang Menginspirasi 

Kamu pernah nggak sih waktu lagi jalan-jalan santai trus tiba-tiba sandal jepitmu putus? Wah, disaster! Hmm… Apa sih yang bakal kamu lakuin? Kamu buang? Tau nggak sih, sebenernya ada caranya lho supaya bisa kamu pakai lagi.   Atau… pernah nggak terlintas dalam benakmu untuk mengolah barang bekas jadi lebih bermanfaat? Misalnya menyulap tempat menyimpan DVD yang…