The Masterpiece of Rukmunal Hakim

Lawanlah keterbatasanmu, juga rasa malasmu dengan sebuah proses.

 

Menjadi salah satu color blind illustrator bukanlah hambatan untuk Rukmunal Hakim. Dirinya percaya bahwa tidak ada keterbatasan di dalam dunia seni, yang ada hanyalah usaha dan inspirasi. Ia selalu percaya pada insting dalam dirinya. Baginya, lingkungan paling dekat adalah inspirasi terbesar, itulah mengapa hampir semua karyanya selalu bercerita dan berkesan baginya.

 

Bicara mengenai warna, ia tidak terlalu ambil pusing untuk masalah itu. Karyanya tetap berwarna seperti yang bisa kita lihat di akun Instagram miliknya @r_hakim. Tidak melulu hitam putih saja, namun juga ada warna ‘’dingin’’ juga ‘’hangat’’ yang selalu ia jadikan pegangan untuk memberikan sentuhan warna pada karya – karyanya.

 

Karya yang bercerita

 

Hampir semua karya Rukmunal Hakim memiliki ceritanya sendiri, seperti salah satu karyanya yang menggambarkan tentang kehidupan Indonesia. Ia menggambarkan Indonesia dengan ilustrasi ibu hamil yang sedang merokok. Mengapa demikian? Karena menurutnya, karya tersebut menceritakan segala macam tentang Indonesia dari kekurangannya seperti kekurangan infrastruktur, juga tentang para pemimpin yang sering abai dengan mandat yang diberikan kepada mereka, dan pada akhirnya menciptakan kondisi yang tidak sehat seperti yang sudah ada sekarang ini. Itulah kurang lebih arti dari salah satu karyanya tersebut sebagai salahsatu bentuk kritis terhadap negara yang ia salurkan dengan karya.

 

 

Mencintai proses untuk sukses

 

Bagi Rukmunal Hakim, proses adalah kunci. Dengan berproses, segala yang awalnya kita ragukan dan dianggap kurang, suatu saat akan terlihat hasilnya jika kita terus mencobanya tanpa pernah berhenti. Nggak heran kalo semua karya Rukmunal Hakim ini sangat berkesan baginya karena di setiap karyanya ada usaha dan prosesnya masing – masing. Tidak pernah ada yang salah dalam berkarya, intinya kita hanya perlu mengeksplor diri hingga mendapatkan hasil yang kita mau. Ada satu hal yang perlu diingat, ‘’ Satu karya yang baik lahir dari banyaknya karya yang buruk’’, ungkapnya.

 

 

Berkolaborasi untuk menginspirasi

 

Selain sebagai ilustrator, Rukmunal Hakim ternyata juga bergabung dalam Tulus Company indonesia sebagai konsultan visual. Yap! Sudah 2 tahun ini, hampir semua visual yang ada dalam album Tulus adalah hasil tangan Hakim. Dalam Tulus Company Indonesia tersebut, tugasnya ialah mengawasi, memberi pendapat, ide dan gagasan untuk semua produk kreatif yang dikeluarkan oleh Tulus Company Indonesia.

 

 

Sebagai illustrator yang sudah lama memakan asam garam di industri seni ini, dirinya sadar bahwa masih kurangnya obrolan seputar ilustrasi di Indonesia. Untuk itu, ia bergabung dalam sebuah proyek yang bernama @podluck_ , sebuah kolaborasi dirinya bersama Raymond Malvin dari Catalyst Art untuk mengarsipkan tokoh atau peristiwa seputar dunia ilustrasi Indonesia. Cool !

 

 

Salah satu harapan dari Rukmunal Hakim ialah bisa dapat kesempatan untuk lebih banyak berkarya di tahun – tahun berikutnya. Oiya, illustrator ini sedang fokus dengan proyek terdekatnya yaitu pameran Silkscreen fest di Bandung. Wow! Sukses terus, ya!

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

CITA-CITA ISAAC AKHIRNYA LAHIR BERSAMA EP COCOON

EP COCOON yang terdiri dari 4 single lagu ini adalah salah satu cerita bagaimana masing-masing personil Isaac dalam meraih cita-cita mereka dalam hidup. Band yang terdiri dari Marhain Williams (vocal, gitar), Nyoman Agastyasana (gitar), Akbar Prihartama (bass), dan Reinardus Suryandaru (drum) ini baru saja merilis karya mereka beberapa bulan yang lalu. Berikut penjelasan singkat mengenai…
OU Cool

PAMERAN OLEH PENGUNGSI: ‘’BERDIAM ATAU BERTANDING’’

Waktu OU Cool main ke Galeri Nasional beberapa waktu yang lalu, tampak banyak sekali turis asing yang datang silih berganti di salah satu ruang pamer di kompleks itu. Karena penasaran, kami akhirnya membawa OU Cool ke sisi yang ramai itu.   Sebuah judul besar menyambut kami di pintu utama pameran tersebut, ‘’Berdiam atau Bertanding’’. Dari…
OU Cool

ANDRA MATIN: DI BALIK KONSEP KAFE-KAFE MODERN-MINIMALIS

Adem. Begitulah saat kali pertama OU CHILL tiba di Kopi Manyar, Bintaro. Warna dominan yang hangat, didukung dengan desain interior yang serba modern-minimalis, bikin siapa aja yang dateng langsung nyaman tanpa alasan. Kafe ini punya ruang luas di belakang yang sering digunakan untuk galeri pameran karya. Bentuk bangunan yang unik bikin setiap sudut kafe ini…
Uncategorized

MARCHELLA FP: BIAR KARYA YANG NGOMONG SENDIRI

“Nafas sebentar, apa sih yang dikejar?” “Nggak papa, besok kita coba lagi.”   “Tenang, nggak semuanya harus ada jawabannya sekarang”   “Duduk sebentar, biar paham”   “Selalu ada celah, untuk lihat salah”