Kopi Susu Photo Exhibition: Perpaduan Indonesia dan Belanda

Kopi Susu yang satu ini tidak seperti Kopi Susu pada umumnya. Ini adalah Kopi Susu dengan cita rasa puitis, pribadi dan naratif hasil racikan antara realitas dan fiksi. Kopi Susu luar biasa yang disajikan dalam sebuah perhelatan pagelaran fotografi. 

 

Pagelaran fotografi ini diadakan di Erasmus Huis Dutch Cultural Centre di Jl. H. Rasuna Said Kav S-3, Jakarta Selatan hingga tanggal 24 Agustus 2019 yang lalu. Sebuah apresiasi untuk seniman asal Belanda Rosa Verhoeve atas karya yang diciptakan dalam perjalanannya selama sepuluh tahun. Yuk simak liputan OU Cool ini ya!

Pagelaran fotografi karya seniman Rosa Verhoeve bertajuk Kopi Susu yang diambil dari sebuah istilah Bahasa Indonesia untuk menyebut seseorang berdarah campuran. Yap, Rosa Verhoeve seniman yang terlahir di Amstelveen, Belanda tahun 1959 merupakan lulusan studi seni di Ritveld Academi, Amsterdam dan memiliki darah campuran Belanda-Indonesia dalam dirinya.

 

Orang tuanya sempat menetap di Indonesia yang pada saat itu dikenal sebagai Hindia-Belanda dengan kurun waktu yang terbilang cukup lama. Kemudian di tahun 1957 bermigrasi ke Belanda dengan membawa seluruh kenangan dan segala benda-benda yang syarat akan kebudayaan Hindia-Belanda pada masa itu.

 

 

Kenangan serta benda yang dibawa oleh orang tuanya telah menghiasi seluruh ruangan tempat tinggalnya, menyalurkan sebuah perasaan nostalgia dan kerinduan akan masa ketika ia berada di zaman Hindia-Belanda. Perasaan nostalgia dan kerinduan yang dirasakannya menimbulkan sebuah keanehan dalam dirinya sebab Rosa Verhoeve sama sekali tidak pernah merasakan ataupun mengalami kehidupan zaman Hindia-Belanda tersebut.

 

Keanehan akan apa yang dirasakannya menimbulkan sebuah dorongan untuk mencari tahu asal-usul dan identitas Hindia-Belandanya dengan melakukan sebuah perjalanan selama sepuluh tahun menuju Indonesia. Berbekal cerita keluarga, kenangan dan pandangan serta pengalaman pribadi yang diperoleh melalui perjalanannya.

Rosa Verhoeve juga dikenal sebagai sosok fotografer yang suka mencampur sebuah realitas dan fiksi untuk menghasilkan sebuah karya fotografi bersifat puitis, pribadi dan naratif. Dengan keahliannya tersebut Rosa Verhoeve ingin menghadirkan sebuah dunia yang bersifat imajinatif melalui sebuah foto, di mana sebuah masa lalu tidak akan pernah berubah atau dapat diubah oleh waktu.

 

Rosa Verhoeve ingin menghadirkan sebuah pesan dan sensasi yang mampu membawa seseorang merasa seakan-akan hidup di dalam karya yang diciptakannya atau seperti hidup di dua dunia, dunia masa lampau dan dunia saat ini. Pesan atau konsep tersebut dikemas dengan penggunaan bahasa visual agar dapat tersampaikan secara lebih baik daripada menggunakan bahasa verbal.

Erasmus Huis cukup sering mengadakan berbagai macam exhibition, piano recital, dan berbagai macam event lainnya lho. Kalau kemarin kamu ketinggalan Kopi Susu Photo Exhibition ini, kamu bisa cek Instagram @erasmushuis_jakarta biar nggak ketinggalan info acara-acara lainnya!

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

@rainbow_capsule: Seni Underground Telah Muncul di Permukaan

Pernah nggak sih kamu melakukan hal yang berbeda di saat kebanyakan teman-temanmu melakukan hal-hal yang sedang tren? OU COOL punya kisah menarik yang menceritakan hal tersebut dan khusus disampaikan buatmu lho. Jadi pastikan kamu membacanya dengan saksama, agar dapat memahami dan belajar dari kisah tersebut.   Di awal cerita, OU COOL akan memperkenalkan kamu dengan…
OU Cool

Kolaborasi @komikfaktap & Gojek: Kecerdikan Anak Bangsa yang Menginspirasi 

Kamu pernah nggak sih waktu lagi jalan-jalan santai trus tiba-tiba sandal jepitmu putus? Wah, disaster! Hmm… Apa sih yang bakal kamu lakuin? Kamu buang? Tau nggak sih, sebenernya ada caranya lho supaya bisa kamu pakai lagi.   Atau… pernah nggak terlintas dalam benakmu untuk mengolah barang bekas jadi lebih bermanfaat? Misalnya menyulap tempat menyimpan DVD yang…
OU Cool

ART JAKARTA 2019

What’s On Art Jakarta 2019?   Siapa yang kemarin ke Art Jakarta? Perhelatan seni kontemporer tahunan ini minggu lalu sukses menghibur semua penggiat seni yang selama tiga hari nangkring di JCC Senayan, Jakarta. Lebih dari 70 artist lokal maupun mancanegara meramaikan hall JCC tersebut. Nggak heran kalo acara kemarin bisa banget buat aji mumpung mencari…
OU Cool

Kopi Susu Photo Exhibition: Perpaduan Indonesia dan Belanda

Kopi Susu yang satu ini tidak seperti Kopi Susu pada umumnya. Ini adalah Kopi Susu dengan cita rasa puitis, pribadi dan naratif hasil racikan antara realitas dan fiksi. Kopi Susu luar biasa yang disajikan dalam sebuah perhelatan pagelaran fotografi.    Pagelaran fotografi ini diadakan di Erasmus Huis Dutch Cultural Centre di Jl. H. Rasuna Said Kav…