INNERCASTLE BY POETRA SENO: DRIVEN WITH MYTH

Detail, rumit, namun bermakna, begitulah karya dari Putra Seno atau sering dipanggil dengan (Atep) ini. Jika diamati lebih dalam, semua karya Seno ini sangatlah bercerita juga bermakna. Bisa dibilang, dengan karya-karyanya inilah dia mencoba berkomuniaksi dengan kita tentang kritik-kritik sosial yang sedang terjadi.

 

Siapa saja boleh berkomentar, karena memang itu tujuan dalam setiap berkarya bukan? Menyatukan banyak orang dengan pandangan yang berbeda untuk memaknai suatu karya.

 

Saat OU COOL berbincang-bincang dengan Seno, banyak sekali cerita-cerita mistis juga mitologi yang ternyata memang sangat relate dengan karya-karyanya. Bahkan, dirinya memang terinspirasi dari cerita-cerita sci-fi mitologi daerah terssebut hingga mempelajari seluk beluknya baik dari buku hingga memperdalam langsung lewat sesepuh-sesepuhnya.

Semua cerita legenda rakyat seperti Nyi Roro Kidul hingga dewa-dewi kerajaan kuno sudah sangat melekat sebagai inspirasi dalam setiap karya Seno ini. Seniman ini tidak melulu untuk berkarya dengan satu media saja. Rupanya, sudah banyak media yang ia coba untuk menambah skill-nya dalam berkarya seperti ukir, tanah liat, tattoo, dan masih banyak lagi.

 

Artist yang hobi mengeksplor bakat diri ini rencananya akan mengadakan pameran tunggal di Bali pada pertengahan November ini. Dirinya akan memamerkan beberapa karya pribadinya di Space Craft Store, Bali, dan pameran tersebut akan berlangsung selama 6 minggu. Seniman yang banyak terinspirasi dari seniman luar seperti @mrdanhillier ini tidak pernah berhenti untuk menggali inspirasi dalam dirinya, tidak ada kata behenti pokoknya, selalu ada jalan untuk mendapatkan karya yang terbaik meskipun dalam keadaan kreatif blok.

Eksplor, eksplor, dan eksplor adalah kunci utama Seno dalam mendapatkan maha karyanya. Banyaknya jenis media yang ia coba kuasai bukan tidak ada tujuannya sendiri. Seperti perkembangan teknologi yang kian maju saat ini, bukan tidak mungkin jika kedepannya dirinya dapat membuat media baru dengan mencampurkan segala media yang sudah ia pelajari.

 

Bahkan, Seno mempunyai mimpi untuk dapat mentatto kulit sapi secara utuh (masih berbentuk sapi, bukan potongan-potongan) dengan karya-karya detailnya ini. Wah, keren ya! Semoga lekas terlaksana, ya!

 

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Mirfak Prabowo: Rocking Art in Various Mediums

Selain bassist pada band rock Sigmun, Mirfak Prabowo, pria kelahiran Jakarta 6 April 1989 ini dikenal juga sebagai visual artist. Seniman yang satu ini sangat aktif berkarya dalam berbagai medium. Mirfak sempat melakukan pameran lukisan tunggalnya yang bertajuk “SANCTUM” di tahun 2013. Kegemarannya dalam bidang seni ini sudah ia rasakan sejak masih kecil. Kegemarannya dalam menggambar di usia muda membuatnya…
OU Cool

Meet WITCHKANA A.K.A Wickana Laksmi Dewi!

A Girl and Her Wild Mysterious Mind   Wickana adalah seniman visual yang suka membuat gambar surreal dan metaforik. Kegemarannya menggambar sudah melekat pada dirinya sejak ia kecil. Crayon dan buku gambar sudah bagaikan teman akrab baginya. Semua inspirasi menggambarnya bermula dari Anime Jepang dan komik pada tahun 90an.  
OU Cool

Nicholas F. Chandrawienata: Dare To Be A Tattoo Artist? Why Not?

Cerita Nicholas Seputar Dunia Tattoo   Menjadi seorang illustrator mandiri yang penuh dengan inspirasi tidak membuat Nicholas F. Chandrawienata nyaman di situ saja. Coloring book for adult, juga berbagai karya lainnya seperti sampul buku series Harry Potter terus mendorong Nicholas untuk membuat sesuatu yang baru.   Setelah lama berkarya pada kanvas, digital, dan kertas, Nicholas akhirnya menambah medan baru…
OU Cool

You Haven’t Truly Loved The Environment Until You Know Boenkus

Boenkus can wrap your food, fruit and veggies, and it surely will warm up your heart.   Ngaku cinta lingkungan tapi masih sering pakai plastik kiloan atau plastik pembungkus dengan zipper buat bungkus makanan? Mungkin kamu akan langsung excuse dengan bilang “Tapi ini kan cuma plastik kecil…” namun nggak jarang plastik kecil itu hanya terpakai satu kali…