INNERCASTLE BY POETRA SENO: DRIVEN WITH MYTH

Detail, rumit, namun bermakna, begitulah karya dari Putra Seno atau sering dipanggil dengan (Atep) ini. Jika diamati lebih dalam, semua karya Seno ini sangatlah bercerita juga bermakna. Bisa dibilang, dengan karya-karyanya inilah dia mencoba berkomuniaksi dengan kita tentang kritik-kritik sosial yang sedang terjadi.

 

Siapa saja boleh berkomentar, karena memang itu tujuan dalam setiap berkarya bukan? Menyatukan banyak orang dengan pandangan yang berbeda untuk memaknai suatu karya.

 

Saat OU COOL berbincang-bincang dengan Seno, banyak sekali cerita-cerita mistis juga mitologi yang ternyata memang sangat relate dengan karya-karyanya. Bahkan, dirinya memang terinspirasi dari cerita-cerita sci-fi mitologi daerah terssebut hingga mempelajari seluk beluknya baik dari buku hingga memperdalam langsung lewat sesepuh-sesepuhnya.

Semua cerita legenda rakyat seperti Nyi Roro Kidul hingga dewa-dewi kerajaan kuno sudah sangat melekat sebagai inspirasi dalam setiap karya Seno ini. Seniman ini tidak melulu untuk berkarya dengan satu media saja. Rupanya, sudah banyak media yang ia coba untuk menambah skill-nya dalam berkarya seperti ukir, tanah liat, tattoo, dan masih banyak lagi.

 

Artist yang hobi mengeksplor bakat diri ini rencananya akan mengadakan pameran tunggal di Bali pada pertengahan November ini. Dirinya akan memamerkan beberapa karya pribadinya di Space Craft Store, Bali, dan pameran tersebut akan berlangsung selama 6 minggu. Seniman yang banyak terinspirasi dari seniman luar seperti @mrdanhillier ini tidak pernah berhenti untuk menggali inspirasi dalam dirinya, tidak ada kata behenti pokoknya, selalu ada jalan untuk mendapatkan karya yang terbaik meskipun dalam keadaan kreatif blok.

Eksplor, eksplor, dan eksplor adalah kunci utama Seno dalam mendapatkan maha karyanya. Banyaknya jenis media yang ia coba kuasai bukan tidak ada tujuannya sendiri. Seperti perkembangan teknologi yang kian maju saat ini, bukan tidak mungkin jika kedepannya dirinya dapat membuat media baru dengan mencampurkan segala media yang sudah ia pelajari.

 

Bahkan, Seno mempunyai mimpi untuk dapat mentatto kulit sapi secara utuh (masih berbentuk sapi, bukan potongan-potongan) dengan karya-karya detailnya ini. Wah, keren ya! Semoga lekas terlaksana, ya!

 

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

CITA-CITA ISAAC AKHIRNYA LAHIR BERSAMA EP COCOON

EP COCOON yang terdiri dari 4 single lagu ini adalah salah satu cerita bagaimana masing-masing personil Isaac dalam meraih cita-cita mereka dalam hidup. Band yang terdiri dari Marhain Williams (vocal, gitar), Nyoman Agastyasana (gitar), Akbar Prihartama (bass), dan Reinardus Suryandaru (drum) ini baru saja merilis karya mereka beberapa bulan yang lalu. Berikut penjelasan singkat mengenai…
OU Cool

PAMERAN OLEH PENGUNGSI: ‘’BERDIAM ATAU BERTANDING’’

Waktu OU Cool main ke Galeri Nasional beberapa waktu yang lalu, tampak banyak sekali turis asing yang datang silih berganti di salah satu ruang pamer di kompleks itu. Karena penasaran, kami akhirnya membawa OU Cool ke sisi yang ramai itu.   Sebuah judul besar menyambut kami di pintu utama pameran tersebut, ‘’Berdiam atau Bertanding’’. Dari…
OU Cool

ANDRA MATIN: DI BALIK KONSEP KAFE-KAFE MODERN-MINIMALIS

Adem. Begitulah saat kali pertama OU CHILL tiba di Kopi Manyar, Bintaro. Warna dominan yang hangat, didukung dengan desain interior yang serba modern-minimalis, bikin siapa aja yang dateng langsung nyaman tanpa alasan. Kafe ini punya ruang luas di belakang yang sering digunakan untuk galeri pameran karya. Bentuk bangunan yang unik bikin setiap sudut kafe ini…
Uncategorized

MARCHELLA FP: BIAR KARYA YANG NGOMONG SENDIRI

“Nafas sebentar, apa sih yang dikejar?” “Nggak papa, besok kita coba lagi.”   “Tenang, nggak semuanya harus ada jawabannya sekarang”   “Duduk sebentar, biar paham”   “Selalu ada celah, untuk lihat salah”