DamDam Hand Crafted Ceramics : Good Mood Is a Must

Siapa yang tidak tertarik dengan kerajinan keramik yang unik dan lucu? Apalagi kita bisa praktek langsung melalui setiap workshopnya. Hmm menarik bukan? Yuk, kenalan langsung dengan Damar, pemilik handcrafted ceramics @damdam_handcraftedceramics.

Tidak ada yang menyangka bahwa Damar, seorang pengusaha handcrafted ceramics yang sudah sering menjadi pembicara di beberapa event lokarya keramik bersama teman baiknya, Adhy Putra K ini ternyata dulunya adalah seorang karyawan kantoran.

Lalu, mengapa ia bisa terjun di dunia bisnis handcrafted ceramics ini ya?

 

 

Usut punya usut, pada saat itu, ia sedang dilanda krisis keresahan hati dimana dalam posisi yang sudah terbilang nyaman, ia ternyata membutuhkan suasana baru di dalam kehidupannya. Ia menginginkan suatu perubahan dalam hidupnya dimana menurutnya membuka suatu usaha dapat menjadi solusi.

 

Semangat dalam berusaha semakin berkobar tatkala temannya, Adhy Putra K meyakinkan Damar untuk kembali menekuni dunia keramik yang telah ia kuasai sejak duduk di bangku perkuliahan. Berbekal semangat serta dukungan dari teman terbaiknya, @damdam_handcraftedceramics terlahir dan terus berkarya hingga saat ini.

 

 

Darah seni yang mengalir di dalam diri alumnus Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta ini ternyata diturunkan dari almarhum ayahnya dan semakin disempurnakan oleh sosok Adhy Putra K yang telah memantapkan dirinya untuk terjun langsung dan belajar banyak tentang dunia keramik.

Dalam mencari inspirasi, Damar mengaku hanya memanfaatkan social media dan sisanya dikembangkannya sendiri.

 

 

Untuk bahan baku, Damar mengaku mendapatkannya dari beberapa pemasok yang sudah dikenalnya. Semua bahan pewarna ia dapatkan dari daerah Bandung, namun untuk material tanah ia dapatkan dari daerah Bekasi. Kendala terbesarnya adalah kesabaran ekstra dalam membuat setiap karya keramiknya. Karena jika gagal, ia mau tak mau harus mengulangnya lagi dari awal. Untuk itu, penting sekali bagi pecinta kuliner ini untuk menjaga moodya sendiri.

 

 

Itulah mengapa pembuatan keramik membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena si pembuat harus berkompromi dengan diri, alam, juga tungku pembakaran. Keramik tidak akan selesai jika cuaca tidak mendukung untuk pengeringan keramik. Butuh panas yang stabil agar keramik – keramik tersebut dapat kering secara sempurna.

 

 

Berbeda dengan proses sebelumnya yang sangat terpaku pada alam, proses berikutnya ditentukan oleh tungku pembakaran. Dimana tidak setiap hasil yang kita inginkan sesuai dengan yang apa yang diharapkan dan jika memang hasilnya tak sesuai, mau tak mau si pembuat harus mengulang kembali proses pembuatan dari awal hingga mendapatkan hasil yang di inginkan.

 

@damdam_handcraftedceramics tidak hanya menjual barang yang sudah tersedia saja, mereka juga menerima pesanan dengan bentuk sesuai permintaan dan dapat dipesan satuan. Akan tetapi, harga yang ditawarkan pastinya jauh berbeda dibandingkan dengan pemesanan diatas dua lusin.

 

 

Dalam pembuatan setiap keramiknya, Damar membutuhkan waktu sekitar 7 hari. 1 hari digunakan untuk pembuatan dari bentuk tanah liat menjadi bentuk apa yang diinginkan. Proses selanjutnya adalah pengeringan dimana ia membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 hari tergantung kondisi cuaca, setelah itu adalah proses pembakaran di dalam tungku dengan panas mencapai 700 – 900 derajat celcius selama 1 hari. Lalu proses akhirnya membutuhkan waktu 2 hari untuk proses pendinginan juga pewarnaan keramik sebelum di bakar lagi dengan panas sekitar 1000 hingga 1200 derajat celcius.

 

Untuk perawatan keramik tersendiri tidak membutuhkan cara khusus, ”cukup menjaganya agar tidak pecah”, celetuknya. Selain daerah Jabodetabek, pria yang mempunyai hobi kulineran ini sudah memasarkan produknya hingga ke beberapa kota diseluruh penjuru Indonesia.

 

 

Pria 36 tahun ini berharap agar local brand keramik di Indonesia selalu eksis dan di perhatikan oleh pemerintah karena usaha ini adalah usaha yang menjanjikan, agar para seniman – seniman keramik lokal sepertinya dapat diakui.

 

 

Penasaran dengan karya – karya Damar? Tenang aja! karena dalam waktu dekat ini ia akan hadir dalam acara market dan lokarya keramik di mall Grand Indonesia dan Setia Budi. Buat kalian yang keburu kepo, bisa cek akun instagramnya di @damdam_handcraftedceramics.

 

259 comments

  1. Oh my goodness! a tremendous article dude. Thank you Nonetheless I’m experiencing situation with ur rss . Don抰 know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting an identical rss problem? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx

  2. Hey! I just would like to give a huge thumbs up for the good data you have got here on this post. I will be coming again to your weblog for extra soon.

  3. I have to voice my passion for your generosity in support of men and women that really need help with this one area. Your very own dedication to getting the solution across came to be really valuable and has truly empowered employees like me to arrive at their desired goals. Your entire helpful tips and hints indicates this much a person like me and additionally to my peers. With thanks; from all of us.

  4. Absolutely NEW update of captchas solution software “XEvil 4.0”:
    captcha solution of Google (ReCaptcha-2 and ReCaptcha-3), Facebook, BitFinex, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex,
    and more than 8400 another types of captcha,
    with highest precision (80..100%) and highest speed (100 img per second).
    You can use XEvil 4.0 with any most popular SEO/SMM software: iMacros, XRumer, GSA SER, ZennoPoster, Srapebox, Senuke, and more than 100 of other programms.

    Interested? You can find a lot of introducing videos about XEvil in YouTube.

    FREE DEMO AVAILABLE!

    Good luck!

    http://XEvil.net/

  5. Thank you for all of the efforts on this web page. Ellie really loves getting into investigations and it is easy to understand why. Almost all hear all regarding the compelling form you produce rewarding tips and tricks on your blog and therefore cause participation from some other people on the situation so our girl is truly studying a lot of things. Have fun with the rest of the new year. Your conducting a stunning job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Tentang Perempuan Berhati Intan

Aku perempuan Dia pun perempuan Mereka juga perempuan Tapi tidak, tapi tidak Kita beda, tidak sama Fisik, fisik yang selalu mengelitik Lalu, apakah semua perempuan harus sama? Apa bedanya dengan manekin di luar sana? Memang benar kata orang, sudah banyak paras ayu nan rupawan. Namun sayang, hati dan pikiran yang baik, masih jarang ditemukan.  
OU Cool

Jelly Playground: Arena Bermain Pecinta Analog

Kali ini, OU berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol dengan Renaldy Fernando Kusuma, cowok kece di balik Jelly Playground. Buat teman-teman penggemar kamera analog pasti udah nggak asing dengan Renaldy atau yang lebih sering disapa Enad.   Enad cerita kalau ketertarikannya dengan kamera analog mulai di tahun 2008 akhir, waktu itu lomography camera lagi hype banget, dan sudah…
OU Cool

Menyimak Travelogue Motulz dalam Sketsa

Kalau pernah mengintip akun Instagram @motulz pasti sudah tidak asing lagi dengan sketch yang memenuhi feed-nya. Mulai dari supir taksi yang tengah mengemudi, bapak-bapak yang sedang bercengkrama, tempat hangout, bangunan-bangunan cantik, suasana di depan pertokoan, sampai pemukiman padat.   Pekerjaannya sebagai Digital Creative Consultant membuatnya sering jalan-jalan. Ini pun dijadikan kesempatan untuk membuat travelogue atau…
OU Cool

Karena Eksplorasi adalah Kunci

Resatio Adi Putra emang lebih dikenal sebagai seniman dan desainer grafis. Tapi kalau belakangan ini sempat cek feed Instagramnya,  kayanya ada yang berubah ya. Dari yang tadinya upload karya-karya berupa kolase, sekarang lebih banyak dihiasi dengan fotografi minimalis. Atau jangan-jangan, Resatio sekarang mau shifting ke fotografi?