BERSELANCAR DI DARAT JUGA LAUT DENGAN KARYA

Kreatifitas dunia seni emang nggak pernah mati. Bayangin aja, waktu kita sedang berselancar dengan papan di atas air atau juga di arena skate park dengan penuh taktik, kini semakin memukau dengan beberapa goresan gambar pada papan-papan tersebut. Sebut saja Arswandaru Cahyo, seorang artist yang kini kabarnya tinggal di Bali ini sudah memulai karirnya sejak masih sekolah.

Darah seni dari artist ini sudah mengalir dari sang ayah, meskipun begitu, Arswandaru ini banyak belajar dari lingkungan sekitarnya. Dirinya memulai karir pertamanya sejak awal kuliah. Arswandaru banyak belajar di tempat kerja partimenya. Ya, dirinya sempat kerja partime disebuah kantor penerbitan zine dan komik. Setelah belajar dari sana-sini, artist ini mulai memamerkan karyanya pada tahun 2009. Dirinya dulu juga aktif dalam menerbitkan majalahnya sendiri, yang dikenal dengan ‘’Dada’’.

 

Ide-ide kreatifnya tersebut bukan tidak pernah berhenti. Dirinya bahkan sering mengalami creative block, namun artist tersebut sellau punya acara sendiri untuk membuat moodnya kembali yaitu dengan menyempatkan waktu untuk berolahraga, jalan-jalan, main video game, atau keinginan sederhana lainnya yang bisa mengembalikkan mood untuk berkarya.

Sebenarnya, tidak ada sesuatu hal yang khusus untuk mendapatkan suatu inspirasi. Namun, dunia skateboarding juga musik bisa di bilang sangat berpengaruh besar bagi dirinya dalam berkarya. Artist ini banyak belajar dari Wes Lang, Neckface, Ed Templeton, Ed Davis, Egon Schiele dan masih banyak lagi.

Lalu, apakah lingkungan sangat berpengaruh dalam berkarya?

 

Artist yang sedang sibuk menyelesaikan project desain juga ilustrasi untuk beberapa brand, khususnya tentang skateboarding juga street wear ini mengaku sangat berpengaruh secara tidak langsung karena lingkungan terkadang sangat memberi inspirasi untuk menemukan ide-ide kreatif. Bisa di bilang, karya-karya dari Arswandaru ini tergolong low bow art atau hampir sama dengan aliran pop art.

 

Rencananya, dirinya akan berkolaborasi dengan beberapa seniman di Berlin, Victor Zabuga. Lalu berlanjut dengan agenda pameran lain, yang lagi-lagi berkolaborasi dengan seniman luar, Josh L Brown dari Melbourne. Wah, ditunggu karya-karyanya!

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

EKSISTENSI TOKO MUSIK ‘KEEP-KEEP’

Toko musik masih menjadi rumah bagi para penikmatnya. Di antara banyaknya platform musik digital yang tumbuh subur sekarang ini, ternyata masih banyak toko musik yang dapat kita jumpai di beberapa kota, seperti ‘’Keep-keep’’ di Bandung dan ‘’Podomoro’’ di Yogyakarta . Toko-toko tersebut tidak banyak berubah, masih sebagai gudang inspirasi bagi para pelanggannya. Tidak lupa juga sebagai ajang temu kangen…
OU Cool

OU COOL: THE MAN BEHIND #MADEWITHSTORIES

Siapa yang tidak tahu Instagram? Platform yang hampir digunakan semua umat ini banyak sekali membawa perubahan. Tidak jarang juga yang akhirnya menemukan ‘’dirinya’’ pada platform tersebut. Sebut saja para influencer juga para pebisnis-pebisnis maya yang sering kita temui.     Bagi kamu yang sering main Instagram, rasanya ada nilai plus tersendiri jika konten yang kita…
OU Cool

OU COOL: CHOO-CHOO, SOBAT BAIK DARI KERETA COMMUTER LINE

Choo-Choo, buku ilustrasi bergambar yang berisi cerita seekor anjing dan rubah ini ikut meramaikan dunia buku ilustrasi Indonesia. Sama seperti Naela Ali, Lala Bohang, dan Marchella FP, kini Citra Marina ikut mendobrak semangat membaca masyarakat Indonesia lewat karya-karya mereka yang serupa tersebut. Choo-Choo, bikinan Citra ini bisa dibilang sebuah refleksi diri seorang Citra selama ia…
OU Cool

SURVIVE GARAGE: NGGAK CUMA ARTSPACE TAPI JUGA ACTSPACE

Survive! Garage adalah sebuah artspace yang nyempil di antara rumah warga. Tempat ini patut buat disinggahi kalo ada waktu luang di Jogja. Rumah dengan mural warna-warni ini seklias nampak seperti rumah biasa. Namun, jika sudah masuk ke dalam artspace tersebut, ruangan-ruangan yang ada di dalamnya tampak seperti studio pribadi, dengan banyak karya terpajang di kanan…