Alberto Piliang: Illustrating the weird things in life on his own way

 

Terkadang ilustrasi yang terlihat ‘dark’ atau ‘suram’ tidak selalu harus memiliki latar belakang yang sama dengan wujudnya. Seperti karya-karya ilustrasi Alberto Piliang yang memiliki nuansa ‘suram’ dan terlihat misterius tetapi sebenarnya terinspirasi hal-hal random yang menarik perhatian Alberto.

 

Inspirasi dari hal-hal random

Untuk membuat karyanya, Alberto biasa mendapatkan inspirasi dari mana saja, kadang dari buku, film series, hingga iklan YouTube. Tapi inspirasi yang paling sering dia dapatkan berasal dari lirik lagu atau hal acak lainnya dan ditambahkan dengan narasi/sentuhan ‘personal’.

 

Menurut Alberto semakin absurd lagunya, semakin enak untuk di olah visualnya. Meskipun hasil akhirnya bisa melenceng atau kurang nyambung dengan lagunya. Seperti karyanya mengenai tanaman bonsai, Alberto terinspirasi dari lagu berjudul “Vitamin C” yang di bawakan oleh Can (band krautrock jadul dari Jerman). Dari lagu tersebut Alberto membayangkan tanaman apa yang kurang nutrisi dan harus terkena sinar matahari agar tumbuhnya sesuai dengan ‘keinginan’ si penanam, lalu di tambahkan narasi ala-ala Alberto. Berikut adalah hasilnya.

 

 

Semuanya adalah perspektif

Salah satu elemen yang membuat ilustrasi Alberto menarik adalah elemen perasaan “suram” yang terpancar dari karya-karyanya padahal ia sama sekali tidak ada niatan untuk membuat karya dengan vibe tersebut. Mungkin yang membuat karyanya terlihat “dark” adalah ide yang Alberto angkat yang memang agak “suram”.

Di balik suasana karya Alberto yang “suram”, sebenarnya Alberto sendiri juga bingung bagaimana menjelaskan ide dari karyanya. Menurut Alberto “karya saya sendiri berusaha menjauh dari ide-ide serius sok menggurui, sok juru selamat. Lagian apa sih yang benar? Dan siapa sih yang senang dikasih tau kalo dia salah?”

 

Seperti ilustrasi yang ada di koran yang berbau politik dan cenderung mengkritik atau men-judge. Bagi Alberto semuanya adalah perspektif dan tidak ada kebenaran yang absolut, maka dari itu ia lebih fokus ke arah “how do I feel about this instead of how you should live your life”.

Cara termudah untuk memahami karya Fio Aleberto Piliang

Mungkin karya ilustrasi Alberto tidak mudah untuk di mengerti karena memang ide-idenya yang suka random. Tetapi cara termudah untuk memahami karya Alberto adalah dengan membayangkan perasaan seorang yang diundang party sama temannya, tapi dia tidak tau siapa hostnya, tidak tau itu acara apa, dan tidak kenal siapa-siapa, lalu temannya yang mengajak mendadak hilang. Jadi pilihannya adalah enjoy the party dan berharap bisa menemukan kembali temannya atau pulang. Intinya adalah panik tapi di bawa santai aja.

 

Untuk sekarang Alberto sedang berusaha untuk tetap hidup sambil melakukan ekspansi seninya ke arah werable art dan juga melakukan beberapa proyek kecil yang belum bisa disebutkan dulu, mungkin jika ingin tau kelanutan dari karya Alberto bisa pantengin instagramnya @albertopiliang .

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Octo Cornelius dan Cintanya Terhadap Kayu

Bicara soal kayu, biasanya enggak jauh-jauh dari furniture atau produk rumah tangga pada umumnya. Akan tetapi, Octo Cornelius dapat menyanggah pandangan tersebut. Di tangan Octo, olahan kayu tidak hanya harus berakhir menjadi furnitur, bila dieksplor lebih dalam, woodwork, ternyata lebih dari itu.   Sejarah “bermain” dengan medium kayu telah ia jalani sejak kecil. Mulai dari…
OU Cool

Muntah Pelangi dan Kentut Glitter ala Bea x Mirfak

Tag line “From Our Puking Rainbow and Farting Glitter” kayanya memang pas banget untuk mendeskripsikan karya-karya duo Bea Ariani Putri dan Mirfak Prabowo ini.   Gimana enggak, produk dari project ini emang lucu-lucu banget. Kombinasi ilustrasi Bea yang manis dan Mirfak yang sudah cukup terkenal sebagai sculptor dan toys maker.   Tapi ternyata hasil karya…
OU Cool

The Masterpiece of Rukmunal Hakim

Lawanlah keterbatasanmu, juga rasa malasmu dengan sebuah proses.   Menjadi salah satu color blind illustrator bukanlah hambatan untuk Rukmunal Hakim. Dirinya percaya bahwa tidak ada keterbatasan di dalam dunia seni, yang ada hanyalah usaha dan inspirasi. Ia selalu percaya pada insting dalam dirinya. Baginya, lingkungan paling dekat adalah inspirasi terbesar, itulah mengapa hampir semua karyanya…
OU Cool

Art Jog 11, Enlightenment: Towards Various Future

Setiap kesulitan pasti ada jalan, begitu pula dengan karya seni.   Yap! Tahun ini, Art Jog kembali hadir dengan mengusung tema Enlightment atau Pencerahan. Dengan tema tersebut, diharapkan setiap karya yang mewakili pameran ini memiliki cerita tersendiri dalam mencapai titik cerahnya. Pameraan ini menyajikan puluhan karya seni dua dimensi dan tiga dimensi yang diikuti kurang…