Alberto Piliang: Illustrating the weird things in life on his own way

 

Terkadang ilustrasi yang terlihat ‘dark’ atau ‘suram’ tidak selalu harus memiliki latar belakang yang sama dengan wujudnya. Seperti karya-karya ilustrasi Alberto Piliang yang memiliki nuansa ‘suram’ dan terlihat misterius tetapi sebenarnya terinspirasi hal-hal random yang menarik perhatian Alberto.

 

Inspirasi dari hal-hal random

Untuk membuat karyanya, Alberto biasa mendapatkan inspirasi dari mana saja, kadang dari buku, film series, hingga iklan YouTube. Tapi inspirasi yang paling sering dia dapatkan berasal dari lirik lagu atau hal acak lainnya dan ditambahkan dengan narasi/sentuhan ‘personal’.

 

Menurut Alberto semakin absurd lagunya, semakin enak untuk di olah visualnya. Meskipun hasil akhirnya bisa melenceng atau kurang nyambung dengan lagunya. Seperti karyanya mengenai tanaman bonsai, Alberto terinspirasi dari lagu berjudul “Vitamin C” yang di bawakan oleh Can (band krautrock jadul dari Jerman). Dari lagu tersebut Alberto membayangkan tanaman apa yang kurang nutrisi dan harus terkena sinar matahari agar tumbuhnya sesuai dengan ‘keinginan’ si penanam, lalu di tambahkan narasi ala-ala Alberto. Berikut adalah hasilnya.

 

 

Semuanya adalah perspektif

Salah satu elemen yang membuat ilustrasi Alberto menarik adalah elemen perasaan “suram” yang terpancar dari karya-karyanya padahal ia sama sekali tidak ada niatan untuk membuat karya dengan vibe tersebut. Mungkin yang membuat karyanya terlihat “dark” adalah ide yang Alberto angkat yang memang agak “suram”.

Di balik suasana karya Alberto yang “suram”, sebenarnya Alberto sendiri juga bingung bagaimana menjelaskan ide dari karyanya. Menurut Alberto “karya saya sendiri berusaha menjauh dari ide-ide serius sok menggurui, sok juru selamat. Lagian apa sih yang benar? Dan siapa sih yang senang dikasih tau kalo dia salah?”

 

Seperti ilustrasi yang ada di koran yang berbau politik dan cenderung mengkritik atau men-judge. Bagi Alberto semuanya adalah perspektif dan tidak ada kebenaran yang absolut, maka dari itu ia lebih fokus ke arah “how do I feel about this instead of how you should live your life”.

Cara termudah untuk memahami karya Fio Aleberto Piliang

Mungkin karya ilustrasi Alberto tidak mudah untuk di mengerti karena memang ide-idenya yang suka random. Tetapi cara termudah untuk memahami karya Alberto adalah dengan membayangkan perasaan seorang yang diundang party sama temannya, tapi dia tidak tau siapa hostnya, tidak tau itu acara apa, dan tidak kenal siapa-siapa, lalu temannya yang mengajak mendadak hilang. Jadi pilihannya adalah enjoy the party dan berharap bisa menemukan kembali temannya atau pulang. Intinya adalah panik tapi di bawa santai aja.

 

Untuk sekarang Alberto sedang berusaha untuk tetap hidup sambil melakukan ekspansi seninya ke arah werable art dan juga melakukan beberapa proyek kecil yang belum bisa disebutkan dulu, mungkin jika ingin tau kelanutan dari karya Alberto bisa pantengin instagramnya @albertopiliang .

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

Achebong Dan Bookbinding Warna – Warni Gonjrengnya

Siapa yang nggak tahan lihat bookbinding handmade lucu-lucu dengan berbagai macam variasi juga model? Rasanya ingin memiliki semuanya kalo lihat koleksi dari karya Andini ini atau sering di kenal dengan nama Achebong.   Semua berawal dari iseng-iseng berhadiah saat melihat tutorial Sarah Nielsen, bookbinder di sebuah blog yang akhirnya membuat dirinya ketagihan dan terus bereksperimen…
OU Cool

TERBENTUR, TERBENTUR, TERBENTUK ALA KBBI OAO

Pernah dengar belum kelompok belajar ngiklan? Ha? Ngiklan emang ada tempat belajarnya? Ada dong! Bukan sekolah lho yaaa, bukan. Kebetulan kemarin Ou Cool sempat main ke kelompok belajar bikin iklan ini di Jogja ini. Namanya OAO atau Otak Atik Otak.   Usut punya usut, kelompok ini ternyata sudah 6 tahun berdiri, guys, dan mayoritas anggotanya…
OU Cool

BLACKHANDDESIGN: Berani Menginspirasi Orang Lain Dengan Karya

Masih pada ingat dengan logo 73 HUT Indonesia kemarin? Yap! Kali ini Ou Cool bakal bahas kreator di balik logo tersebut, lho!   Kalo kalian yang masih ingat minggu-minggu kemarin, logo ini sempet booming juga di pilih langsung oleh bapak presiden kita, Jokowi. Gimana enggak? Ternyata proses pemilihan logo ini cukup ketat, guys.  
OU Cool

Bercermin Lewat Ilustrasi Kathrin

Katanya ada tiga tipe manusia, yang mengutarakan isi hatinya lewan lisan, tulisan, dan yang mengutarakan isi hatinya lewat visual.   Kali ini Ou dapat kesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng Kathrin Honesta, Illustrator yang jago bercerita lewat karya visualnya. Buat Kathrin, menggambar merupakan panggilan, jadi nggak akan bisa kalau nggak gambar. Kecintaan ini sudah tumbuh sejak Kathrin…