Alberto Piliang: Illustrating the weird things in life on his own way

 

Terkadang ilustrasi yang terlihat ‘dark’ atau ‘suram’ tidak selalu harus memiliki latar belakang yang sama dengan wujudnya. Seperti karya-karya ilustrasi Alberto Piliang yang memiliki nuansa ‘suram’ dan terlihat misterius tetapi sebenarnya terinspirasi hal-hal random yang menarik perhatian Alberto.

 

Inspirasi dari hal-hal random

Untuk membuat karyanya, Alberto biasa mendapatkan inspirasi dari mana saja, kadang dari buku, film series, hingga iklan YouTube. Tapi inspirasi yang paling sering dia dapatkan berasal dari lirik lagu atau hal acak lainnya dan ditambahkan dengan narasi/sentuhan ‘personal’.

 

Menurut Alberto semakin absurd lagunya, semakin enak untuk di olah visualnya. Meskipun hasil akhirnya bisa melenceng atau kurang nyambung dengan lagunya. Seperti karyanya mengenai tanaman bonsai, Alberto terinspirasi dari lagu berjudul “Vitamin C” yang di bawakan oleh Can (band krautrock jadul dari Jerman). Dari lagu tersebut Alberto membayangkan tanaman apa yang kurang nutrisi dan harus terkena sinar matahari agar tumbuhnya sesuai dengan ‘keinginan’ si penanam, lalu di tambahkan narasi ala-ala Alberto. Berikut adalah hasilnya.

 

 

Semuanya adalah perspektif

Salah satu elemen yang membuat ilustrasi Alberto menarik adalah elemen perasaan “suram” yang terpancar dari karya-karyanya padahal ia sama sekali tidak ada niatan untuk membuat karya dengan vibe tersebut. Mungkin yang membuat karyanya terlihat “dark” adalah ide yang Alberto angkat yang memang agak “suram”.

Di balik suasana karya Alberto yang “suram”, sebenarnya Alberto sendiri juga bingung bagaimana menjelaskan ide dari karyanya. Menurut Alberto “karya saya sendiri berusaha menjauh dari ide-ide serius sok menggurui, sok juru selamat. Lagian apa sih yang benar? Dan siapa sih yang senang dikasih tau kalo dia salah?”

 

Seperti ilustrasi yang ada di koran yang berbau politik dan cenderung mengkritik atau men-judge. Bagi Alberto semuanya adalah perspektif dan tidak ada kebenaran yang absolut, maka dari itu ia lebih fokus ke arah “how do I feel about this instead of how you should live your life”.

Cara termudah untuk memahami karya Fio Aleberto Piliang

Mungkin karya ilustrasi Alberto tidak mudah untuk di mengerti karena memang ide-idenya yang suka random. Tetapi cara termudah untuk memahami karya Alberto adalah dengan membayangkan perasaan seorang yang diundang party sama temannya, tapi dia tidak tau siapa hostnya, tidak tau itu acara apa, dan tidak kenal siapa-siapa, lalu temannya yang mengajak mendadak hilang. Jadi pilihannya adalah enjoy the party dan berharap bisa menemukan kembali temannya atau pulang. Intinya adalah panik tapi di bawa santai aja.

 

Untuk sekarang Alberto sedang berusaha untuk tetap hidup sambil melakukan ekspansi seninya ke arah werable art dan juga melakukan beberapa proyek kecil yang belum bisa disebutkan dulu, mungkin jika ingin tau kelanutan dari karya Alberto bisa pantengin instagramnya @albertopiliang .

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

OU COOL: CREACVITY WITH LENS BY FAISAL Y. DJAJA

Apa yang kamu bayangkan ketika melihat feed Instagram dari @faisaldjaja ini? Simple, klasik, dan sangat VSCO sekali, begitu kurang lebih yang OU COOL rasakan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai fotografi ala Faisal kali ini, kamu semua pasti sudah tidak asing bukan dengan VSCO? OU COOL yakin, generasi millenials saat ini pasti sudah diluar kepala mengenai…
OU Cool

EKSISTENSI TOKO MUSIK ‘KEEP-KEEP’

Toko musik masih menjadi rumah bagi para penikmatnya. Di antara banyaknya platform musik digital yang tumbuh subur sekarang ini, ternyata masih banyak toko musik yang dapat kita jumpai di beberapa kota, seperti ‘’Keep-keep’’ di Bandung dan ‘’Podomoro’’ di Yogyakarta . Toko-toko tersebut tidak banyak berubah, masih sebagai gudang inspirasi bagi para pelanggannya. Tidak lupa juga sebagai ajang temu kangen…
OU Cool

OU COOL: THE MAN BEHIND #MADEWITHSTORIES

Siapa yang tidak tahu Instagram? Platform yang hampir digunakan semua umat ini banyak sekali membawa perubahan. Tidak jarang juga yang akhirnya menemukan ‘’dirinya’’ pada platform tersebut. Sebut saja para influencer juga para pebisnis-pebisnis maya yang sering kita temui.     Bagi kamu yang sering main Instagram, rasanya ada nilai plus tersendiri jika konten yang kita…
OU Cool

OU COOL: CHOO-CHOO, SOBAT BAIK DARI KERETA COMMUTER LINE

Choo-Choo, buku ilustrasi bergambar yang berisi cerita seekor anjing dan rubah ini ikut meramaikan dunia buku ilustrasi Indonesia. Sama seperti Naela Ali, Lala Bohang, dan Marchella FP, kini Citra Marina ikut mendobrak semangat membaca masyarakat Indonesia lewat karya-karya mereka yang serupa tersebut. Choo-Choo, bikinan Citra ini bisa dibilang sebuah refleksi diri seorang Citra selama ia…