Achebong Dan Bookbinding Warna – Warni Gonjrengnya

Siapa yang nggak tahan lihat bookbinding handmade lucu-lucu dengan berbagai macam variasi juga model? Rasanya ingin memiliki semuanya kalo lihat koleksi dari karya Andini ini atau sering di kenal dengan nama Achebong.

 

Semua berawal dari iseng-iseng berhadiah saat melihat tutorial Sarah Nielsen, bookbinder di sebuah blog yang akhirnya membuat dirinya ketagihan dan terus bereksperimen hingga sekarang ini. ‘’Rasanya seneng gitu bisa bikin buku yang aku banget’’, katanya.

 

 

Ache yang sangat terinspirasi dengan warna-warni gonjreng ditambah sentuhan kolase-kolase sederhananya ini membuat karyanya memiliki nilai yang berbeda dari lainnya, apalagi ia sering menggunakan bahan daur ulang, bahkan, dirinya pernah menggunakan kertas skripsinya lho guys!! Hmm…., ternyata, selain kreatif juga sayang lingkungan yaa.

 

 

Nggak sampai di situ saja, OU juga baru tahu kalo Ache ini ternyata menggunakan teknik bookbinding yang simple kaya pamphlete stitch binding, long stitch, cross stitch, sama japanese stitch. ‘’Rahasianya sih tinggal pinter-pinter main di material covernya atau kertas isinya, juga yang terpenting adalah suka’’, tambahnya.

 

 

Berkat ketelatenannya ini, Ache sekarang sudah sering mondar-mandir berbagai kota untuk mengadakan workshop bookbinding juga kolase. Sudah banyak orang-orang yang tersihir dengan workshopya hingga bisa buat buku yang ‘’aku banget’’ ala mereka.

 

 

Buat kalian yang penasaran sama buku-buku Ache ini bisa langsung kepoin di akun Instagram @Achebong yaaa.

Mungkin kalimat ini pas kali yaa, ‘’Doing something that make you happy is healing’’, Persis nih kaya Achebong dengan hobi craftingnya yang bikin banyak orang terinspirasi. Bener apa bener?

 

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Cool

OU Cool

BELAJAR RAJUT BARENG POYENG

Siapa bilang merajut hanya untuk orang tua saja? Anak muda saat ini sudah banyak yang melirik, bahkan tidak sedikit yang ahli dalam dunia rajut merajut ini lho! Merajut yang dulu dikenal sebagai kegiatan jadul ini ternyata punya banyak manfaat bagi diri pribadi, juga hasil prakarya yang beranekaragam tersebut memang selalu punya hati di pasaran.  …
OU Cool

Rupa-Rupa Manusia Kata Alidestroy a.k.a Ali Hamzah JN

Belum lama ini, artist yang juga art director, Ali Hamzah atau dikenal dengan Alidestroy beberapa waktu yang lalu, menyelenggarakan pameran solonya di @paviliun_28 Jakarta Selatan.   Ali, yang bekerjasama dengan 100% Manusia Film Festival ini mengusung tema hak asasi manusia juga keberagaman.   Seperti yang kita tahu, isu-isu perempuan, gender, disabilitas, kesehatan, mental juga HIV-AIDS…
OU Cool

MENEBAR SEMANGAT INDONESIA MUDA LEWAT KARYA ADALAH DOA

Berdoa lewat karya? Emang bisa? Kenapa nggak bisa?   Sadar nggak sadar, di era digital yang serba praktis seperti sekarang ini,  semua yang tadinya dirasa nggak bisa jadi bisa. Bener apa bener? Jaman bergerak dengan cepat. Seolah-olah, nggak terkendalikan. Karena capek, banyak orang yang akhirnya berpikir berkali-kali untuk bisa menggulirkan perubahan. Dimulai dengan mengajak orang…
OU Cool

Festival Musik yang Perlu Diantisipasi Anak Muda Jogja

Jogjakarta seolah tidak pernah kehabisan event menarik. Kali ini, Ou mau bahas Land of Leisures (LOL YK) yang akan diselenggarakan pada 12-14 Oktober mendatang. LOL YK adalah wadah creativepreneur muda untuk unjuk gigi bersama. Nggak cuma itu saja, ada banyak acara di dalamnya, seperti talkshow juga workshop patchwork dan sashiko class bareng Needleworks Studios, mastering…