De Tjolomadoe : Dari Pabrik Gula Jadi Ruang Publik

Satu lagi destinasi menarik dari kota Solo, De Tjolomadoe. Bangunan megah di bilangan Karanganyar ini ditaksir akan menjadi pusat budaya, seni, destinasi wisata dan ruang konser bertaraf Internasional di kota Solo.

De Tjolomadoe dulunya merupakan sebuah pabrik gula yang dibangun pada tahun 1861. Pabrik ini menandakan revolusi industri pada masanya, dimana tak lama setelah pabrik ini dibangun banyak pabrik-pabrik yang juga berdiri pada masa itu. Namun setelah hampir 150 tahun tak disentuh tangan manusia, akhirnya dilakukan restorasi besar-besaran pada bangunan tersebut.

 

Setiap sisi (stasiun) pada bangunan tua ini direstorasi dan dijadikan spot tersendiri tanpa sepenuhnya meninggalkan atau menghapus unsur unik pabrik gula.

 

Stasiun gilingan contohnya, begitu anda memasuki bangunan De Tjolomadoe dari pintu depan (utama) kalian dapat langsung melihat mesin-mesin penggiling besar yang dulunya digunakan untuk menggiling tebu guna mendapatkan sarinya. Pada bagian gedung ini juga kalian dapat melihat peta bangunan dan foto-foto pabrik sebelum dan sesudah restorasi.

 

 

Pada bagian kiri terdapat stasiun ketelan yaitu tempat dimana uap dihasilkan sebagai tenaga untuk menggerakkan mesin-mesin pada pabrik gula yang kini duduk manis bersebelahan dengan beberapa kedai makan. Kemudian, memasuki lorong penguapan dimana terdapat tangki besar yang berdiri tegak menemani sebuah toko souvenir dan juga kedai kopi, pada lorong ini magically kalian merasa seakan berada di stasiun kereta api yang ada di film Harry Potter, mungkin karena penempatan lampu jalan yang ada di tengah lorong

 

Nah…tak jauh dari barisan tangki-tangki tersebut kalian pasti akan bertanya-tanya ruangan apa yang ada dibalik pintu-pintu kayu megah tepat diujung lorong. Pintu-pintu ini menuju pada Tjolomadoe Hall! Sebuah ruang konser bertaraf International yang tak lama menapung pertunjukan maestro dunia David Foster & Friends saat peresmian gedung De Tjolomadoe. Di sini juga terdapat ruang serba guna lainnya yang dapat digunakan untuk menampung berbagai acara dengan kapasitas yang lebih kecil yaitu Sarkara Hall.

 

Beralih pada stasiun karbonatasi, tempat dimana pemurnian gula dulunya terjadi yang kini beralih fungsi menjadi pusat kerajinan daerah dimana kalian dapat membeli cendera mata hasil karya masyarakat lokal.

 

Lokasi terakhir namun tak kalah menarik yaitu Besali Cafe, dimana disini kalian dapat benar-benar merasakan interaksi antara bangunan pabrik lama dengan yang baru. Pada cafe ini terdapat berbagai mesin pabrik gula yang membaur dan menjadi satu dengan tempat makan.

 

Gimana? Jadi penasaran kan sama tempat satu ini. Jangan lupa untuk memasukan De Tjolomadoe kedalam destinasi wisatamu saat mengunjungi kota Solo ya!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in OU Chill

OU Chill

OLEH-OLEH CERITA OBAT KUAT JUGA SPEAKER MONOTON DARI KRACK STUDIO

Rasanya tidak pernah bosan untuk mengunjungi ruang-ruang perupa di setiap sudut Jogjakarta. Selalu saja ada ruang seni menarik yang minta untuk dikunjungi. Kebetulan, kali ini OUCHILL berkesempatan untuk berkunjung ke Krack Studio, sebuah studio artmaking yang selalu jadi ruang multifungsi para senimannya.   Studio ini tidak hanya memproduksi karya cetak sablon saja, namun juga sebagai…
OU Chill

LAWLESS BURGER: THE FINEST HEAVY METAL BURGER BAR IN JAKARTA

Teriknya kota Jakarta mendorong OUCHILL untuk datang ke tempat nongkrong dengan vibe metal yang sedang banyak dibicarakan orang ini. Tempat makan ini menyuguhkan suasana yang beneran beda. Baru masuk aja, kalian sudah disuguhkan lagu-lagu metal, memorabilia alat musik, serta banyak pernak-pernik poster band-band cadas dunia.   Ngomong-ngomong, siapa bilang lagu metal menggangu suasana nongkrong kalian?…
OU Chill

Seberapa Penting Kehadiran Video Klip Pada Sebuah Lagu?

Kalau ngomongin soal musik kayaknya nggak lengkap kalau tidak mengaitkan video musik di dalamnya. Kehadiran video musik atau video klip pun bisa jadi daya tarik sendiri untuk kekuatan lagu. Soalnya video klip bukan hanya sebagai materi promosi semata tapi juga menambahkan estetika secara visual untuk sebuah lagu. Bahkan ada beberapa nama musisi yang justru baru…
OU Chill

Melihat Tren Film Horor Indonesia dari masa ke masa

  Film horor Indonesia mungkin merupakan salah satu genre film yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lihat saja bagaimana dari Juli 2017 hingga Juni 2018 saja ada 34 judul film horor dengan berbagai subgenre rilis di bioskop. Dari tiga puluhan judul film yang rilis sejak Juli 2017, Pengabdi Setan menjadi salah satu film horor…